Selasa, 17 Jul 2018 12:30 WIB

YouTuber Ini Giat Gemakan Teori Bumi Datar

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Patricia Steere, YouTuber penganut Bumi datar. Foto: Houston Chronicle Patricia Steere, YouTuber penganut Bumi datar. Foto: Houston Chronicle
Jakarta - The Flat Earth and Other Hot Potatoes. Begitulah nama sebuah channel YouTube yang dibuat oleh Patricia Steere, seorang wanita asal Houston, Amerika Serikat. Sesuai namanya, isinya penuh dengan berbagai video yang mempromosikan teori konspirasi Bumi datar.

Mantan pemilik butik tersebut mengaku sudah menjadikan YouTuber sebagai pekerjaan tetapnya. Melalui channel miliknya yang sudah memiliki lebih dari 13 ribu subscribers, ia kerap 'berdakwah' mengenai bagaimana bentuk Bumi yang 'sebenarnya' menurut dia.

"Air tidak dapat menyesuaikan diri dengan medium yang berbentuk seperti bola. Jika Bumi berbentuk seperti bola, seluruh air pasti sudah jatuh," ujarnya menjelaskan salah satu teori Bumi datar dari pandangannya.

Selain itu, Patricia juga mengaku tidak percaya dengan teori gravitasi dan fenomena pemanasan global yang menurutnya hanyalah kebohongan. Bahkan, ia turut mempertanyakan eksistensi dari bom nuklir, keamanan vaksin, hingga kebenaran pendaratan manusia di Bulan.


"Benda jatuh karena ia lebih berat dari udara, bukan gravitasi. Itu disebut teori gravitasi. Itu hanya teori," ucapnya, sebagaimana detikINET kutip dari Houston Chronicle, Selasa (17/7/2018).

Patricia mengaku bahwa ia pertama kali meyakini Bumi berbentuk datar pada 2015. Hal tersebut bermula dari kegiatannya dalam melakukan riset mengenai pendaratan bulan, yang menurutnya palsu. Dari situ, ia menemukan sederetan video mengenai penjelasan Bumi datar yang berhasil menarik perhatiannya.

Patricia Steere, YouTuber penganut teori Bumi datarPatricia Steere, YouTuber penganut teori Bumi datar. Foto: Houston Chronicle

"Itu menangkap imajinasi saya. Tapi bukan hanya itu, hal ini juga membuat saya berpikir mengapa saya percaya hal-hal yang saya percaya. Dan menyadari bahwa merasa bebas dalam memegang kepercayaan adalah sebuah tujuan," tuturnya.

Lalu, pada Agustus 2015, ia meluncurkan channel pribadinya di YouTube sebagai medianya dalam menyebarkan teori konspirasi Bumi datar. Menariknya, Patricia mengaku bahwa terdapat berbagai teori konspirasi mengenai dirinya.


"Terdapat konspirasi di luar sana mengenai saya. Seperti saya hidup di dalam bungker bawah tanah. Bahwa saya adalah seorang pria. Bahwa saya adalah seorang mantan moderl berusia 90 tahun yang melakukan banyak operasi plastik. Bahwa saya adalah tiruan. Bahwa saya adalah seorang agen berbayar," katanya.

Ia pun mengaku bahwa segala teori mengenai dirinya ada batasnya. Alien, menurutnya, adalah batasannya.

"Mereka tidak bisa mengatakan bahwa saya adalah alien dari planet lain. Karena kami tidak percaya ada planet lain di luar sana," pungkasnya.

Patricia sendiri bukan orang baru yang menyuarakan teori konspirasi Bumi datar. Sebelumnya, pebasket Kyrie Irving dan rapper B.o.B juga secara terang-terangan sudah melontarkan berbagai paham yang menyebut bahwa Planet Biru ini tidak berbentuk bulat. (mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed