Jumat, 13 Jul 2018 14:16 WIB

Elon Musk Hingga Ronaldo Diklaim Percaya Bumi Datar

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Elon Musk. Foto: Internet Elon Musk. Foto: Internet
Jakarta - Penganut teori konspirasi Bumi datar tak henti-hentinya membuat sensasi. Setelah belum lama ini mengusulkan untuk mengubah bentuk trofi Piala Dunia mengikuti bentuk Bumi sesuai keyakinan mereka, kali ini dua pesepakbola ternama malah diakui menganut kepercayaan yang sama.

Keduanya merupakan dua atlet yang namanya tak lagi di dunia kulit bundar, yaitu Cristiano Ronaldo dan Harry Kane. Adalah laman Facebook bernama Flat Earth Believers yang mengklaim bahwa mereka berdua percaya jika Bumi berbentuk datar.

Dalam sebuah unggahannya, laman ini menyertakan sebuah foto yang memperlihatkan Kane sedang memegang plakat bertuliskan "Strongest Believer". Plakat itu juga dihiasi dengan miniatur dari Bumi yang berbentuk datar.

Foto tersebut tentunya hasil rekaan semata. Aslinya, dalam gambar tersebut penyerang Tottenham Hotspur itu sedang memegang trofi sepatu emas Liga Primer. Potret itu diambil saat ia memperoleh penghargaan tersebut pada musim 2016/2017.


Lalu, laman Facebook ini mengunggah foto Ronaldo saat memegang trofi Liga Champions dan memasang kutipan seakan-akan pesepakbola asal Portugal itu percaya jika Bumi berbentuk datar. Dalam unggahannya itu, laman ini juga mengungkapkan kegembirannya saat mengetahui Ronaldo ikut 'bergabung' sebagai penganut teori flat Earth.

"Teori Bumi datar lebih penting bagi saya dibanding seluruh trofi yang saya raih bersama Real Madrid," tulis kutipan itu.

Selain dua pesepakbola tersebut, laman ini juga mengaku-aku jika Elon Musk dan astrofisikawan kenamaan Neil deGrasse Tyson turut memercayai teori konspirasi Bumi datar. Flat Earth Believers menyebut jika CEO SpaceX, Tesla, dan The Boring Company merupakan orang paling berjasa dalam mendukung teori flat Earth sepanjang tahun ini.

Sedangkan Tyson diperlihatkan meralat ucapannya yang kerap melawan teori konspirasi ini. Laman tersebut mengunggah sebuah screenshot yang menampilkan akun Twitter milik astrofisikawan asal Amerika Serikat itu menulis kicauan berisi permohonan maafnya.

"Semuanya, Bumi itu datar. Saya minta maaf karena menyembunyikannya selama ini," tulis kicauan tersebut.

Sampai saat ini, tidak ada bukti sahih yang menyebutkan jika keempat tokoh tersebut memang percaya jika Bumi berbentuk datar. Terlebih bagi Tyson yang terang-terangan menyebut penganut teori Bumi datar kurang berpendidikan. Selain itu, kicauannya yang diunggah oleh laman Flat Earth Believers itu pun tak tampak pada daftar tweet akun Twitter miliknya.








(mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed