Rabu, 11 Jul 2018 07:15 WIB

Makhluk Terkuat di Dunia Muncul dalam Film Ant Man Terbaru

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: (imdb) Foto: (imdb)
Jakarta - Sudah nonton Ant-Man and the Wasp? Jika belum, siap-siap menghadapi kemunculan makhluk terkuat di dunia pada film tersebut. Bukan, ia bukan Thanos yang bisa menghabiskan separuh populasi alam semesta hanya dengan jentikkan jari.

Tardigrade adalah nama dari makhluk tersebut. Walau berbeda, tapi ia memiliki satu kemiripan dengan Thanos, yaitu keduanya sama-sama memiliki kemampuan spesial. Jika kekuatan milik musuh utama dari Avengers itu sudah disebutkan di atas, lantas apa yang dipunya oleh tardigrade?

Penelitian dari Oxford University menemukan bahwa hewan mikroskopik ini dapat bertahan paling tidak 10 miliar tahun ke depan. Bahkan, ia diprediksi masih dapat bertahan dari terjangan asteroid maupun dampak dari ledakan bintang yang letaknya dekat dengan Bumi.

Makhluk Terkuat di Dunia Muncul di Film Ant Man TerbaruFoto: BBC



Selain itu, makhluk yang dikenal juga sebagai beruang air ini dapat bertahan hidup hingga 30 tahun tanpa makan dan minum. Lalu, hewan ini juga dapat bertahan hingga temperatur 150 derajat Celsius maupun -20 derajat Celsius dan kebal terhadap radiasi pada level 6.200 Gy yang biasanya diimplementasikan dalam pengobatan kemoterapi.

Saking tangguhnya, NASA pun berniat melibatkan Tardigrade dalam misi bernama Starlight. Nantinya, hewan ini akan dimasukkan ke dalam kendaraan antariksa yang ukurannya tidak lebih besar dari smartphone didorong oleh sinar laser agar dapat terbang dengan kecepatan yang sangat tinggi sehingga mampu keluar dari tata surya.

Tujuan dari program tersebut adalah untuk menjelajahi sistem planet lain dengan mengirim awak pesawat disertai penginderaan jarak jauh. Badan antariksa Amerika Serikat tersebut berharap mampu menemukan kehidupan di luar sana dalam misi ini.





Lantas, apa peran tardigrade di dalam film Ant-Man and the Wasp? Jika menengok salah satu trailer yang dirilis oleh Marvel, kerumunan hewan tersebut tampak mengelilingi sebuah kapal kecil.

Menariknya, hewan berkaki delapan yang hanya berukuran panjang maksimal 1,5 milimeter ini justru tampak sebagai raksasa dalam cuplikan tersebut. Beberapa menyebutkan bahwa tardigrade akan muncul di dalam alam kuantum, sebuah dimensi tempat Ant Man terjebak pada bagian akhir di film perdananya.

Lalu, apakah akan terjadi pertempuran antara Tardigrade dengan Ant Man? Jika iya, kira-kira siapa ya yang akan menang? Jawabannya ada di film Ant-Man and the Wasp yang tengah tayang di bioskop-bioskop Tanah Air. (mon/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed