Selasa, 10 Jul 2018 13:57 WIB

Gerhana Bulan 28 Juli Bisa Ditonton di Sini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: (dok Kemenpar) Foto: (dok Kemenpar)
Jakarta - Masyarakat Indonesia ikut menantikan datangnya gerhana Bulan total pada 28 Juli 2018. Namun bagaimana jika tidak bisa menontonnya secara langsung? Nah, kita bisa menontonnya di situs ini.

Tidak perlu khawatir karena Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah menyediakan situs khusus untuk live streaming gerhana Bulan total.

Kalian yang ingin menonton gerhana Bulan total ini bisa mengaksesnya melalui situs https://www.bmkg.go.id/gbt. Namun untuk saat ini, status situs tersebut belum live. Kemungkinan halaman tersebut baru akan live beberapa hari menjelang gerhana bulan total.



Sebelumnya dilaporkan, gerhana Bulan total akan terjadi pada dini hari tanggal 28 Juli 2018. Gerhana bulan ini akan menjadi yang terlama di abad 21.

LAPAN mengatakan, seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali dapat menyaksikan peristiwa alam tersebut kecuali terhalang oleh awan mendung.



Gerhana Bulan ini akan dimulai dengan gerhana bulan parsial pada pukul 01.24 WIB. Selanjutnya pada pukul 02.30 - 04.13 WIB atau sekitar satu jam 43 menit akan terjadi fase total. Fase total ini yang disebut sebagai gerhana Bulan total terlama pada abad 21 sejauh ini. Seluruh rangkaian gerhana Bulan akan berakhir pada pukul 05.19 WIB.

Pada Januari lalu, Indonesia juga sempat menikmati gerhana Bulan total selama satu jam 16 menit. Waktunya lebih cepat 27 menit dibandingkan gerhana Bulan total yang akan terjadi 28 Juli nanti. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed