Senin, 09 Jul 2018 10:43 WIB

Canggih! Robot Cheetah Bergerak Lincah Tanpa Melihat

Annisa Shafira - detikInet
Robot Cheetah 3. Foto: istimewa Robot Cheetah 3. Foto: istimewa
Jakarta - Produsen chip seperti Nvidia dan Qualcomm sedang sibuk-sibuknya membuat teknologi kecerdasan visual untuk robot. Namun dalam beberapa skenario, mungkin lebih baik bagi robot bergantung pada kemampuan-kemampuan lain untuk menavigasi daerah sekitar mereka.

Karena itu versi terbaru dari robot cheetah buatan Massachusetts Institute of Technology (MIT), Cheetah 3, dirancang dapat bergerak pada daerah berbatu dan melalui rintangan-rintangan tanpa bergantung pada penglihatan. Ya, robot ini dibuat tak bisa melihat.

"Penglihatan pada robot bisa jadi kurang jernih, kurang akurat, dan kadang tidak tersedia. Jika terlalu bergantung pada penglihatan, robot yang Anda buat harus berada dalam posisi yang akurat, dimana akan menyababkan robot menjadi lambat," kata perancang robot ini, professor MIT, Sangbae Kim.



"Jadi, kami ingin robot ini lebih bergantung pada informasi-informasi sentuhan. Dengan cara itu, robot ini dapat mengatasi tantangan-tantangan yang tak terduga walaupun ia bergerak dengan cepat," lanjutnya.

Seperti dikutip detikINET dari ZDNet, Senin (9/7/2018), robot Cheetah 3 bergantung pada dua algoritma yaitu algoritma pendeteksi kontak dan algoritma model-predictive control.

Angortitma pendeteksi kontak membantu robot menentukan kapan ia harus mengangkat kakinya dan kapan ia harus berpijak. Algoritma ini menggunakan data dari giroskop, accelometer dan posisi dari sendi kaki Cheetah 3.

Sangbae Kim dan tim nya melakukan uji coba terhadap algoritma ini dengan cara meletakan Cheetah 3 pada treadmill dan menyuruhnya naik turun tangga yang diberi tantangan seperti dihadang dengan balok kayu.

Sedangkan algoritma model-predictive control berguna untuk memperkirakan seberapa banyak kekuatan yang harus dikeluarkan oleh kaki-kakinya ketika robot ini akan melangkah. Algoritma ini dicoba dengan cara menendang dan mendorong robot ini ketika ia sedang berjalan pada treadmill. Itu membuat Cheetah 3 memproduksi tenaga untuk menjaga keseimbangannya.



Menurut MIT, robot ini akan berguna untuk menjalankan misi-misi pada daerah-daerah yang berbahaya dan tidak bisa diakses, seperti untuk menjelajahi zona-zona bencana.

Walaupun robot ini dirancang untuk menggunakan "tenaga penggerak yang buta," tim riset dari robot ini telah melengkapi Cheetah 3 dengan kamera agar robot tersebut dapat memberikan hasil visual dari keadaan sekelilingnya. Robot ini akan dipamerkan Oktober mendatang pada Konferensi Internasional Intelligent Robot di Madrid, Spanyol. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed