Jumat, 22 Jun 2018 12:54 WIB

Mengenang Selfie Pertama di Antariksa yang Laku Rp 130 Juta

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Buzz Aldrin selfie di antariksa. Foto: istimewa Buzz Aldrin selfie di antariksa. Foto: istimewa
Jakarta - Lebih dari separuh abad yang lalu, seorang astronot bernama Buzz Aldrin berhasil mencatatkan namanya di buku sejarah. Pria yang kini berusia 88 tahun tersebut sukses melakukan selfie pertama di luar angkasa pada 1966.

Saat melakukan swafoto bersejarah itu, ia tengah menjalankan misi Gemini 12 oleh NASA, sekaligus menjadi penerbangan pertamanya menuju luar angkasa. Misi itu sendiri fokus pada extravehicular activity (EVA), yaitu perlengkapan yang digunakan oleh astronot untuk melakukan spacewalk, atau berjalan ke luar International Space Station (ISS).

EVA pun memang menyediakan kamera untuk keperluan fotografi di antariksa. Walau Aldrin menggunakannya untuk selfie, sejatinya perlengkapan tersebut disiapkan agar astronot bersangkutan dapat memotret objek-objek yang berkaitan dengan misi.



Pencapaian Aldrin tersebut ternyata masih dirasa belum cukup oleh seorang netizen. Pengguna Twitter itu menulis kicauan bahwa dirinya akan sangat senang jika astronot tersebut menulis tweet dari luar angkasa, tepatnya Bulan.

Pernyataan warganet itu ditanggapi oleh Aldrin langsung. "Tidak ada tweet, tapi aku yang pertama kali melakukan selfie dari luar angkasa. Itu melibatkan satu tongsis yang mahal," tulisnya, seraya menegaskan pencapaiannya tersebut.



Selain keberhasilannya itu, Aldrin juga merupakan salah satu angkasawan yang terlibat dalam misi Apollo 11 ke Bulan. Ia pun orang kedua yang berhasil menginjakkan kaki di permukaan satelit Bumi tersebut setelah Neil Armstrong. Menariknya, Aldrin menjadi orang pertama yang buang air kecil di Bulan.

Hasil cetak dari swafoto milik astronot itu sudah terjual pada 2015 lalu dengan harga USD 9.200, atau kini hampir setara dengan Rp 130 juta. Foto tersebut berhasil terjual di sebuah pelelangan di London, Inggris, sebagaimana detikINET kutip dari CNET, Jumat (22/6/2018).


(mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed