Selasa, 12 Jun 2018 17:19 WIB

Gelapnya Korea Utara Malam Hari Dilihat dari Antariksa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Patung pemimpin Korea Utara di Pyongyang. Foto: Getty Images Patung pemimpin Korea Utara di Pyongyang. Foto: Getty Images
Jakarta - Korea Utara saat ini menjadi negara yang paling tertutup di kancah internasional. Tak banyak yang informasi dari negeri yang dipimpin oleh Kim Jong Un ini, sekalipun itu diintip dari antariksa.

Jika melihat Korea Utara dari sudut pandang Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) kala malam hari, negara ini begitu gelap alias minim pencahayaan. Hanya ada penerangan di Ibu Kota Pyongyang, itu juga tidak begitu kentara.



Bila dibandingkan suasana Korea Utara malam hari dengan negara-negara sekitarnya, masih kalah mentereng, khususnya dari negara tetangga mereka, yakni Korea Selatan.

Bahkan, pencahayaan lampu-lampu yang terpancar di sekitaran Seoul saja jauh lebih terang ketimbang satu negara Korea Utara. Sebagai informasi, Seoul ini jaraknya sekitar 35 mil dari perbatasan dengan Korea Utara.

Korea Utara yang gelap gulita saat malam hari.Korea Utara yang gelap gulita saat malam hari. Foto: Reuters


Suasana gelapnya negara yang bentuk pemerintahannya Komunis ini direkam melalui citra malam dari ISS melalui NightPod kepunyaan Badan Antariksa Eropa (ESA) pada 2014. ESA menyematkan NightPod di badan ISS sejak 2012.



Dikutip dari Daily Mail, Selasa (12/6/2018) Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyebutkan alat tersebut diperlukan untuk kompensasi kecepatan stasiun yang melesat 17.500 mph di atas Bumi.

Sebelum adanya NightPod, potret Bumi terkesan blur, meskipun astronot dibekali dengan film dengan kecepatan tinggi yang masih dalam bentuk manual.

(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed