Selasa, 05 Jun 2018 08:40 WIB

Tiga Astronot Kembali ke Bumi Bawa Bola Piala Dunia 2018

Agus Tri Haryanto - detikInet
Bola Piala Dunia 2018. Foto: Maxim Shemetov/REUTERS Bola Piala Dunia 2018. Foto: Maxim Shemetov/REUTERS
Jakarta - Usai menjalankan misi 168 hari di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), ketiga penjelah luar angkasa berhasil kembali ke Bumi, tepatnya mendarat di Dzhezkazgan, Kazakhstan.

Ketiga orang yang dimaksud adalah kosmonot Rusia Anton Shkaplerov, astronot Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (JAXA) Norishige Kanai, dan astronot dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) Scott Tinggle. Ketiganya kembali ke Bumi dari ISS menggunakan kapsul Soyuz MS-07.

"Itu perjalanan yang bagus," ucap Tingle usai Soyuz menyentuh daratan, dikutip detikINET dari Inquisitr, Selasa (5/6/2018).

Setelah mendarat, Tingle dan Kanai akan dibawa ke Houston, Amerika Serikat melalui kota Karaganda di Kazakhstan, di mana mereka akan menjalani tes medis lebih lanjut setelah melaksanakan misinya.



Sementara itu, Shkaplerov membawa bola Adidas Telstar 18, bola resmi yang akan digunakan selama perhelatan Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia.

Sebelumnya, Telstar 18 diboyong ke ISS untuk diuji dalam kondisi nol gravitasi. Bola itu ditempatkan di modul Kibo di atas ISS dan disimpan dalam kondisi mikro gravitasi sehingga kosmonot dapat mengamati bagaimana kondisinya di orbit Bumi yang rendah.

[Gambas:Video 20detik]

Direncanakan Telstar 18 yang diuji di antariksa tersebut kabarnya akan digunakan dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia 2018 antara tuan rumah Rusia dengan Arab Saudi di Stadion Luzhniki, Moskow, pada Kamis (14/6/2018).

Kendati begitu, FIFA belum mengkonfirmasi apakah bola 'antariksa' itu akan benar-benar dipakai atau tidak dalam laga pembukaan ajang sepakbola terakbar di dunia ini.

Piala Dunia 2018 kali ini akan diadakan di 12 stadion yang terletak di 11 kota di Rusia, di mana dua stadion di antaranya berada di ibu kota Moskow. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed