Senin, 28 Mei 2018 19:00 WIB

Astronot yang Sukses Menginjak Bulan Meninggal Dunia

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Alan Bean. Foto: NPR Alan Bean. Foto: NPR
Jakarta - Manusia keempat yang menginjakan kakinya di Bulan, Alan Bean meninggal dunia. Mantan astronot Apollo 12 itu telah menghembuskan napas terakhirnya dalam usia ke 86.

Dilansir detikINET dari National Public Radio, Senin (28/5/2018), Bean meninggal pada Sabtu lalu di Houston, Texas, akibat penyakit yang dideritanya.

Bean merupakan pilot untuk misi pendaratan di Bulan pada November 1969. Dia berjalan dan menghabiskan 31 jam di bulan, melakukan eksperimen bersama dengan komandan Charles "Pete" Conrad Jr. Mereka pun sempat mengecek kendaraan Surveyor 3, yang berhasil mendarat di Bulan dua tahun sebelumnya.



Usai menjalankan misi Apollo, Bean memimpin penerbangan kedua ke stasiun ruang angkasa pertama Amerika Serikat (AS), Skylab pada tahun 1973 dan mengorbit Bumi selama 59 hari.

Astronot yang Sukses Menginjak Bulan Meninggal DuniaFoto Alan di bulan. Foto: NPR


Pada 1981 Bean kemudian pensiun dari NASA, dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menciptakan catatan artistik eksplorasi ruang angkasa melalui lukisan.

Dengan meninggalnya Bean berarti tinggal menyisakan empat "moonwalker" dari yang sebelumnya berjumlah 12. Mereka yang masih hidup yaitu Buzz Aldrin, Dave Scott, Charlie Duke, dan Harrison Schmitt. Selamat jalan astronot Alan Bean! (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed