Jumat, 11 Mei 2018 10:11 WIB

Para Peneliti Ini Cari Ramuan Anti Tua

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Sudah menjadi kodrat setiap makhluk hidup bila suatu hari nanti mereka akan menua dan mati. Namun, para peneliti ini ingin mencoba untuk menunda penuaan pada makhluk hidup.

Entah bagaimana, peneliti di startup yang menamakan dirinya Rejuvenate Bio ini punya ide untuk menunda penuaan dan memperpanjang umur. Cara yang dlakukan adalah dengan terapi gen, dimana percobaan ini akan dilakukan pada anjing.

Menurut co-Founder startup George Church dari Harvard Medical School, percobaan awal sudah dilakukan pada tikus. Nah, kini mereka ingin mencoba penelitian pada anjing, dengan rencana nantinya juga akan menguji pada manusia.



"Kami sudah melakukan banyak uji coba pada tikus dan kami melakukan beberapa hal pada anjing, dan kemudian kami akan beralih ke manusia," ujar Church dikutip detikINET dari Ubergizmo, Jumat (11/5/2018).

Ide awal penelitian ini karena mereka mendapat petunjuk yang ditemukan dalam organisme seperti cacing dan lalat. Kedua makhluk hidup itu diketahui mampu meningkatkan gen mereka sehingga dapat menggandakan masa hidup.

Mereka juga menemukan bahwa pemberian transfusi darah pada tikus yang lebih tua dari tikus yang lebih muda juga dapat mengembalikan beberapa biomarker ke tingkat yang lebih muda. Sejauh ini tidak jelas apakah tes pada anjing telah berhasil atau tidak. (mag/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed