Senin, 07 Mei 2018 05:28 WIB

Penganut Flat Earth: Bumi Seperti Dunia Pac-Man

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Dok. Istimewa Foto: Dok. Istimewa
Jakarta - Penganut teori Bumi datar memang tak henti-hentinya menghadirkan sensasi. Dalam sebuah konvensi, kali ini ada seorang anggotanya yang mengatakan bahwa Bumi tak ubahnya seperti dunia di dalam game Pac-Man.

Pekan lalu, lebih dari 200 ahli teori konspirasi Bumi datar berkumpul di Birmingham, Inggris, dalam Flat Earth Convention pertama di Negeri Ratu Elizabeth tersebut. Pada acara ini, mereka membahas bagaimana membuktikan bahwa Bumi ini berbentuk datar, bukan bulat sebagaimana telah dibuktikan secara ilmiah.

Salah satu pembicara yang paling menarik perhatian adalah Darren Nesbit. Musisi ini mengaku hanya butuh enam bulan untuk melakukan riset sekaligus menetapkan hati menjadi penganut paham Bumi datar. Ia pun menjelaskan dua hal yang membuatnya percaya pada teori konspirasi tersebut.



"Satu adalah, ketika kita berdiri di luar dan melihat sekitar, dunia ini jelas-jelas tidak bergerak. Kedua, tidak peduli kalian hidup di sebelah Bumi bagian mana, kalian tampak hidup di bagian atasnya. Seseorang seharusnya hidup di sisi samping bola ini, sedangkan yang lain hidup di bagian bawah," ujarnya.

Di samping itu, satu hal yang membuatnya menarik perhatian adalah teori yang dibuatnya untuk meyakinkan orang-orang bahwa Bumi berbentuk datar. Nesbit mengatakan bahwa Bumi tak ubahnya seperti dunia dalam permainan Pac-Man.

Teori yang disebutnya sebagai "Pac-Man effect" ini menjelaskan bahwa ruang dan waktu menyelimuti bagian timur dan barat Bumi. Hal tersebut menyebabkan perjalanan timur-barat secara terus menerus menjadi mungkin sehingga siapa pun yang berada di kawasan itu akan mengalami "Pac-Man effect".

Dalam dunia game itu sendiri, pemain memang bisa berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain dengan cepat melalui sebuah ruang. Hal ini seakan dijadikan senjata oleh penganut Bumi datar dalam melawan pertanyaan sepeti "mengapa orang-orang tidak jatuh ketika berada di tepian Bumi?"



Selain Nesbit, ada pembicara lain yang juga menyuguhkan teori nyeleneh buatannya. Menurutnya, Bumi datar disokong oleh pilar-pilar di bawahnya, sebagaimana detikINET kutip dari Science Alert, Senin (7/5/2018).

Ironisnya, teori yang memanfaatkan game lawas Pac-Man ini sejatinya sudah sering digunakan untuk mengejek paham Bumi datar itu sendiri. Media sosial Twitter pun merekam banyak kicauan yang berisi candaan terhadap Bumi datar menggunakan teori Pac-Man.














(rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed