Jumat, 20 Apr 2018 07:23 WIB

Indonesia Kebagian Saksikan Hujan Meteor Lyrid

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi hujan meteor. Foto: Dok. Anadolu Agency via TIME Ilustrasi hujan meteor. Foto: Dok. Anadolu Agency via TIME
Jakarta - Pada akhir pekan ini, hujan meteor Lyrid akan menghiasi langit. Menariknya, fenomena alam tersebut dapat juga dinikmati di Indonesia.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, telah mengkonfirmasi bahwa masyarakat di Indonesia juga dapat menikmati hujan meteor Lyrid yang terjadi pada Sabtu, 24 April ini.

"Ya, seluruh dunia bisa melihat hujan meteor Lyrid," kata Thomas melalui pesan singkatnya, Jumat (20/4/2018).

Thomas yang juga merupakan ahli astronomi ini mengatakan ada waktu yang tepat untuk menyaksikan hujan meteor Lyrid, yakni pada dini hari.



"Waktunya dini hari sebelum shubuh Sabtu-Senin, 21-23 April. Amati langit Timur-Utara. Diprakirakan ada belasan meteor per jam," sebutnya.

Mengenai tempat yang tepat untuk menikmati pertunjukan alam tersebut, idealnya adalah di wilayah yang masih belum terpapar dengan lampu-lampu.

"Lokasi pengamatan harus cerah, jauh dari polusi cahaya lampu, dan medan pandang tidak terhalang pohon atau bangunan," ungkapnya.

Saat hujan meteor Lyrid, setidaknya ada sekitar 10-20 meteor bisa terlihat setiap jam, yang berlangsung pada masa puncaknya akhir pekan nanti.

Diberitakan sebelumnya, TIME menuliskan hujan meteor Lyrid merupakan hujan meteor tertua yang terjadi setiap tahun. Hujan meteor Lyrid terjadi ketika bumi bergesekan dengan komet Thatcer saat melewati orbitnya.

Serpihan komet kemudian terbang ke atmosfer dan tampak sebagai benda yang menyala dari bumi. (agt/fyk)