BERITA TERBARU
Senin, 16 Apr 2018 14:55 WIB

Satelit Pemburu Planet Baru Diluncurkan Besok di Markas SpaceX

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi roket. Foto: REUTERS/Gene Blevins Ilustrasi roket. Foto: REUTERS/Gene Blevins
Jakarta - NASA tak lama lagi akan memiliki mesin pemburu planet baru berwujud satelit yang akan mengarungi angkasa mencari tempat tinggal baru bagi umat manusia.

Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) akan menjadi pemburu planet teranyar yang dimiliki oleh NASA. Waktu peluncuran satelit seberat 317 kilogram tersebut pun tak sampai dari 24 jam ke depan.

Rencananya, TESS akan diluncurkan pada Senin (16/4/2018) pukul 18:32 ET (Eastern Time), atau Selasa (17/4/2018) pukul 06:32 WIB besok. Space Launch Complex 40 di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, akan menjadi tempat peluncuran satelit tersebut.



TESS akan menggantikan peran Kepler, teleskop luar angkasa yang telah bertugas sejak 2009. Nantinya, satelit tersebut akan beroperasi dengan mengelilingi orbit berbentuk elips yang disesuaikan pada posisi Bulan. Harapannya, satelit ini dapat bertahan untuk menampilkan performa yang stabil dalam sedekade ke depan.

Empat buah kamera yang dimiliki TESS mampu menyorot 400 kali lebih luas dari Kepler. Nantinya, kuartet kamera tersebut akan mengarah ke sektor yang berbeda-beda dalam satu waktu, dengan perkiraan terdapat sekitar 200.000 bintang yang mampu diobservasi olehnya.

SpaceX dipilih oleh NASA untuk menjadi penyedia roket yang akan mengantarkan TESS menuju orbit rendah bumi. Untuk itu, perusahaan antariksa besutan Elon Musk tersebut akan memercayakan Falcon 9 sebagai roket yang bertanggungjawab dalam peluncuran tersebut.

Melalui akun Twitter, pihak SpaceX mengaku telah selesai melakukan uji coba pembakaran statis terhadap Falcon 9 sebagai pemanasan bagi roket tersebut untuk melakukan peluncuran sesungguhnya. Hal senada juga dilakukan oleh akun Twitter NASA yang mengaku telah siap meluncurkan TESS.



Berdasarkan keterangan di situs resmi NASA, para ahli meteorologi bersama unit Angkatan Udara Amerika Serikat memperkirakan terdapat kemungkinan 80% cuaca waktu yang ditentukan akan mendukung untuk dilakukannya peluncuran.

Bagi yang ingin menyaksikan peluncurannya, NASA TV menyediakan tayangan live streaming yang tersedia di situs resminya. Nantinya, stasiun televisi resmi milik badan antariksa Amerika Serikat tersebut akan melakukan penayangan peluncuran TESS pada Senin (16/4/2018) pukul 18.00 - 20.00 ET, atau Selasa (17/4/2018) pukul 06.00 - 08.00 WIB.





(fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed