Jumat, 13 Apr 2018 15:28 WIB

Mengenang Yuri Gagarin, Penjelajah Pertama Luar Angkasa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Yuri Gagarin, manusia pertama yang ke luar angkasa. Foto: Getty Images Yuri Gagarin, manusia pertama yang ke luar angkasa. Foto: Getty Images
Jakarta - Niel Armstrong boleh saja berbangga sebagai astronot pertama yang berjalan di Bulan. Namun, perlu diketahui bahwa Yuri Gagarin merupakan sosok yang paling berjasa dalam membuka orang-orang untuk pergi ke luar angkasa.

Ya, Gagarin merupakan manusia pertama yang mengemban misi untuk pergi ke luar angkasa, yang terjadi pada 12 April 1961. Ia adalah seorang kosmonot atau astronotnya Soviet, sudah bernama jadi Rusia.

Dikutip detikINET dari Space, Jumat (13/4/2018) ketika itu, Gagarin hanya sebatas berada di orbit Bumi. Misi yang dilakukan Gagarin merupakan kelanjutan berikutnya, usai Uni Soviet berhasil meluncurkan satelit pertama bernama Sputnik pada 1957 silam.



Gagarin terbang ke antariksa dalam menjalankan misi yang dinamakan Vostok 1. Gagarin yang saat itu berusia 27 tahun meluncur di kapsul Vostok dengan bantuan roket yang namanya serupa.

Diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, Gagarin mencapai luar angkasa dengan ketinggian di atas 200 mil di atas permukaan Bumi. Ia hanya mengorbit Bumi satu kali, yang kemudian kembali lagi ke Bumi dengan selamat.



Kala itu, keberhasilan misi Vostok 1 ini membuat Gagarin turut dielu-elukan oleh masyarakat lokal dan internasional, mengingat dia adalah manusia pertama yang mencapai luar angkasa.

Gagarin sekarang hanya tinggal nama, karena ia telah meninggal tujuh tahun setelah menjalankan misi fenomenalnya itu. Kendati begitu, setiap tanggal 12 April, dunia antariksa selalu mengenang prestasi yang telah dilakukan oleh kosmonot Uni Soviet tersebut. (agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed