BERITA TERBARU
Jumat, 06 Apr 2018 16:25 WIB

Cuma 66% Anak Muda di AS yang Percaya Bumi Bulat

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Bumi datar. Foto: 20Detik/Kok Bisa Bumi datar. Foto: 20Detik/Kok Bisa
Jakarta - Maraknya teori konspirasi Bumi datar ternyata mampu memengaruhi pola pikir generasi muda di Amerika Serikat mengenai bentuk Planet Biru ini.

Sebuah survei oleh firma analisis bernama YouGov menunjukkan bahwa hanya 66% milenial usia muda di Amerika Serikat yang meyakini Bumi memiliki bentuk bulat. Milenial usia muda dalam survei tersebut berada di kisaran umur 18-24 tahun.

Mereka disebut milenial usia muda karena sejumlah firma analisis global mematok generasi terdiri dari orang-orang yang lahir pada awal 1980-an hingga akhir 1990-an.



YouGov memulai surveinya pada 6 Februari lalu dengan menanyakan pendapat 8.215 responden sebagai representasi penduduk Amerika Serikat mengenai bentuk planet yang dihuni oleh manusia ini.

Selain 66% diantara para milenial muda yang benar-benar yakin Bumi berbentuk bulat, 4% dari mereka sangat percaya jika Planet Biru ini memiliki bentuk datar.

Jika dirinci, 9% memunculkan keraguan jika Bumi berbentuk bulat, 2% mulai skeptis dengan paham Bumi datar, sedangkan 16% sisanya mengaku tidak yakin, sebagaimana detikINET kutip dari YouGov, Jumat (6/4/2018).

Sedikitnya milenial muda di Amerika Serikat yang benar-benar yakin bahwa Bumi berbentuk bulat diperkirakan karena teori konspirasi Bumi datar memang tengah berhembus kencang Negeri Paman Sam.

Yang terbaru, seorang pria bernama Mike Hughes baru saja menerbangkan dirinya dengan roket di California untuk membuktikan kebenaran paham flat earth, meski setelahnya ia tidak mengatakan apa-apa mengenai 'bentuk asli' dari planet ini.

Selain itu, pebasket dari tim Boston Celtics, Kyrie Irving, serta rapper B.o.B juga terang-terangan mengaku bahwa mereka percaya jika Bumi berbentuk bulat. B.o.B bahkan sampai melakukan penggalangan dana untuk mewujudkan ambisinya dalam menerbangkan roket agar dapat 'membuktikan kebenaran' teori flat earth.



Komunitas flat earth dunia pun akan menggelar konferensi internasional kedua mereka pada 15-15 November mendatang di Denver, Colorado, Amerika Serikat. Sebelumnya, mereka sudah melaksanakan konferensi internasional perdananya pada 9-10 November 2017 di Raleigh, North Carolina.

Kabar baiknya, jika melihat hasil survei secara keseluruhan, hanya 2% dari total responden yang mengaku yakin bentuk Bumi adalah datar. Angka tersebut berbanding terbalik dengan 84% responden yang percaya Bumi berbentuk bulat. (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jumat, 27 Apr 2018 10:18 WIB
    Hingga saat ini, cakupan jaringan data operator seluler ini telah melayani di kurang lebih 4.226 kecamatan yang berada di 406 kota/kabupaten di Tanah Air.
  • Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Jumat, 27 Apr 2018 09:30 WIB
    Samsung Electronic mengungkap pasar ponsel secara global melemah dan memperlambat pertumbuhan pemasukkannya. Kendati begitu mereka masih meraup keuntungan.
  • Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Jumat, 27 Apr 2018 09:04 WIB
    HMD Global kembali akan membangkitkan ponsel Nokia yang tenar di masanya. Vendor asal China itu dikabarkan bakal merilis ponsel N-Series dalam waktu dekat.
  • Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Jumat, 27 Apr 2018 07:23 WIB
    Bos Xiaomi Lei Jun berjanji kalau perusahaannya itu akan membatasi laba bersih alias untung setelah pajak untuk penjualan produknya sebesar 5%. Kenapa?
  • Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Jumat, 27 Apr 2018 06:45 WIB
    Nintendo mengumumkan nama baru yang akan menjadi presiden. Pergeseran jabatan ini diharapkan dapat mengalahkan rekor keuntungan yang ditorehkannya 9 tahun lalu.