BERITA TERBARU
Jumat, 23 Mar 2018 11:54 WIB

Penampakan Bumi Bulat Saat Hari Tanpa Bayangan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi Bumi mengorbit Matahari. Foto: Nadia Permatasari W Ilustrasi Bumi mengorbit Matahari. Foto: Nadia Permatasari W
Jakarta - Hari tanpa bayangan telah berlalu, namun bentuk penampakan detik-detik Matahari di atas ekuator di Bumi bulat baru saja diperlihatkan.

Seperti diketahui, hari tanpa bayangan terjadi pada Rabu (21/3) yang saat itu Matahari sedang berada tepat di garis khatulistiwa. Wilayah yang berada dilalui khatulistiwa ini, salah satunya Indonesia, berdampak pada siang hari, tampak tak memiliki bayangannya.

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) memperlihatkan bagaimana satelit miliknya memotret Bumi saat equinox atau penanda pergantian musim. Di Bumi belahan utara mengawali musim panas dan belahan selatan memasuki musim dingin.

NOAA men-tweet perjalanan sang Surya saat terbenam pada (19/3) sampai matahari terbit (20/3), diambil dengan memanfaatkan satelit cuaca GOES-East.


"Selamat musim semi #equinox dan selamat #firstdayofspring! Hari ini panjangnya waktu malam dan siang hampir sama. Hari sekarang akan menjadi lebih lama di garis lintang yang lebih tinggi karena Matahari lebih lama terbit dan terbenam," kicaunya.




Dikutip dari Space, Jumat (23/3/2018) titik balik musim semi terjadi ketika Matahari melewati tepat di garis khatulistiwa dari perspektif Bumi.

Belahan Bumi di utara mulai miring ke arah Matahari sehingga siang akan menjadi lebih lama di wilayah tersebut. Sementara Bumi di wilayah selatan siang harinya menjadi lebih pendek.

Untuk memberikan pemandangan terkait cuaca yang lebih detail lagi, NOAA berencana untuk meluncurkan wahana antariksa bernama GOES-West yang baru. Dijadwalkan diluncurkan pada bulan ini.


Bermitra dengan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), satelit yang disebut punya kemampuan mata elang ini akan membantu memantau cuaca ekstrim di bagian barat Amerika Serikat dan Samudera Pasifik bagian timur sebagai bagian dari GOES-East. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed