Rabu, 21 Feb 2018 11:34 WIB

Roket Terkuat Ini Diproyeksi Wujudkan Penambangan Asteroid

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Falcon Heavy. Foto: Reuters Falcon Heavy. Foto: Reuters
Jakarta - Klaim sebagai roket terkuat di dunia membuat Falcon Heavy milik SpaceX dipercaya dapat mewujudkan kegiatan penambangan asteroid.

Sistem tata surya dipenuhi dengan jutaan asteroid dengan ukuran diameter mulai dari hanya beberapa centimeter hingga ratusan kilometer.

Salah satu potensi yang dilihat dari manusia terhadap asteroid selama lebih dari seabad adalah kemungkinan dilakukannya penambangan asteroid, namun masih belum ada sarana yang dapat mewujudkannya.

Salah satunya adalah sebuah pesawat luar angkasa yang cukup kuat untuk berpindah dari orbit rendah Bumi menuju orbit dari asteroid tersebut.

Terkait dengan hal tersebut, menurut ahli astronomi dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics bernama Martin Elvis, Falcon Heavy bisa menjadi kendaraan antariksa yang dicari selama ini.

Dalam acara bertajuk American Association for the Advancement of Science (AAAS) di Austin, Texas, ia percaya bahwa Falcon Heavy memiliki potensi untuk mewujudkan penambangan tersebut.

"Bukan hanya ratusan, kita bisa memiliki ribuan asteroid yang tersedia untuk ditambang," ujar Elvis, seperti detikINET kutip dari Gizmodo, Rabu (21/2/2018).

Elvis sendiri mengaku bahwa Falcon Heavy dapat memberikan dorongan yang cukup kuat untuk menjangkau asteroid yang menurutnya bisa memiliki percepatan hingga 30 kilometer per detik.

Asteroid bisa menjadi sumber daya alam yang sudah siap panen, dengan kandungan air, oksigen, hidrogen, dan amonia serta logam seperti platinum, besi, kobalt, dan titanium di dalamnya. Hal tersebut membuat penambangan asteroid tidak hanya bisa menghasilkan jutaan dollar AS, namun miliaran, atau bahkan lebih.

Lebih mencengangkan lagi, kandungan besi yang ditemukan dalam satu asteroid bernama 16 Psyche, salah satu yang terbesar di sabuk asteroid, saja diprediksi memiliki nilai paling tidak USD 10.000 triliun.

NASA pun menyebutkan di dalam situs resminya jika manusia dapat menambang habis seluruh mineral dari asteroid yang berada di antara orbit Mars dan Jupiter, total nilai yang diraih akan cukup untuk memberikan semua orang di dunia uang sekitar USD 100 miliar.

Jika perhitungan Elvis benar adanya, dan Falcon Heavy mampu untuk menambang asteroid di luar angkasa sana, maka biaya USD 90 juta yang dikeluarkan SpaceX untuk sekali peluncuran roket tersebut akan terasa sangat murah.

Meski begitu, masih terdapat beberapa faktor seperti pengembangan teknologi yang tidak hanya dapat menjangkau asteroid tersebut, namun juga membawanya menuju Bumi. Dan tentu banyak faktor teknis lainnya yang harus ditemukan solusinya. (fyk/fyk)