Senin, 19 Feb 2018 15:06 WIB

Mau Lacak Starman di Luar Angkasa? Begini Caranya

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: YouTube Foto: YouTube
Jakarta - Setelah banyak bermunculan spekulasi mengenai nasib Starman dan Tesla Roadster di masa depan, kini terdapat sebuah situs yang coba meluruskan itu semua.

Sudah hampir genap dua minggu setelah roket Falcon Heavy meluncurkan Tesla Roadster dan Starman ke luar angkasa. Dalam kurun waktu itu pula, nasib mereka di angkasa banyak dipertanyakan masyarakat dunia.

Tak lama setelah Elon Musk mengumumkan lewat Twitter bahwa dua 'awak' tersebut akan terbang melintasi orbit Mars hingga ke sabuk asteroid, NASA justru mengatakan bahwa Roadster dan Starman akan berada lebih dekat ke Matahari.

Tidak hanya itu saja, tim ilmuwan dari Universitas Toronto pun memprediksi menggunakan simulasi komputer bahwa duo ini akan jatuh ke Bumi atau Venus dalam kurun waktu satu juta tahun, dengan masing-masing kemungkinannya 6% dan 2,5%.

Untuk membuktikan prediksi mana yang paling tepat, terdapat sebuah situs bernama whereisroadster.com yang dapat melacak keberadaan Roadster dan Starman secara real-time, sekaligus memberikan proyeksi pergerakan keduanya selama kurang lebih dua tahun ke depan.

Website dengan tampilan sederhana ini diciptakan oleh Ben Pearson, founder dari Old Ham Media, sebagaimana tertulis dalam sebuah keterangan di dalam situs tersebut.

Ia mengaku bahwa banyaknya orang-orang yang mempertanyakan posisi Starman hingga seberapa dekat letaknya dengan Mars kini membuatnya memutuskan untuk membuat situs tersebut.

Pada awal pembuatan website ini, Pearson menggunakan informasi dari TLEs (two-line element set), yaitu sebuah format data yang yang memberikan daftar elemen dari objek yang mengitari Bumi secara real-time.

"Impresi pertama saya pada situs ini adalah saya sangat terkesan dengan jumlah orang yang mengunjungi website ini. Dalam hari pertama saja, sudah ada 25 ribu pengunjung. Hal tersebut membuat saya yakin bahwa orang-orang tertarik dengan hal ini," tulisnya dalam situs tersebut.

Kini, ia menggunakan data dari Jet Propulsion Laboratory (JPL) Horizon, yaitu sebuah sistem yang memberikan informasi penting seputar tata surya secara online.

Roadster dan Starman sendiri sudah berada sejauh 3,5 juta kilometer dari Bumi, dengan kecepatan 10.850 km/jam, berdasarkan data dari situs tersebut.

"Tolong dicatat bahwa situs ini tidak memiliki hubungan apapun dengan Tesla, SpaceX, maupun Elon Musk, hanya ada saya di sini," Pearson mengingatkan.

Meskipun begitu, Elon Musk justru mengungguah sebuah cuitan di Twitter yang bertuliskan "Saya cukup yakin benda ini (Roadster) diparkir di suatu tempat di sekitar sini," sembari menyertakan alamat situs yang dibuat oleh Pearson. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed