Rabu, 24 Jan 2018 10:55 WIB

Super Blue Blood Moon Sambangi Indonesia Seminggu Lagi

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Dok Foto: Dok
FOKUS BERITA Gerhana Bulan Langka
Jakarta - Para pecinta astronomi, siap-siap. Langit Indonesia akan dihiasi penampakan yang belum pernah terjadi selama 150 tahun terakhir.

Rabu (31/1/2018), kita akan disuguhi menyaksikan fenomena bulan penuh, atau kerap disebut juga Blue Moon, yang akan mengalami gerhana secara utuh.

Menariknya lagi, kejadian alam ini akan berbarengan dengan Supermoon, yaitu saat Bulan menjangkau titik terdekat dengan Bumi. NASA pun menyebut fenomena langka ini sebagai Super Blue Blood Moon.

Nantinya, menurut NASA, Bulan akan berada pada 358.994 km dari Bumi, cukup dekat dibandingkan jarak rata-ratanya yang mencapai 384.400 km. Supermoon sendiri sudah akan berlangsung sehari sebelumnya, yaitu pada Selasa (30/1/2018) malam.

Dikutip detikINET dari Space.com, Rabu (24/1/2018), gerhana akan tampak sangat baik saat malam hari di sebelah tengah dan timur Asia, Selandia Baru, Australia, dan tak ketinggalan Indonesia. Diperkirakan, Bulan akan seutuhnya tenggelam di dalam bayangan Bumi selama hampir dua jam.

Uniknya, fenomena alam ini akan menjadi yang pertama dalam kurang lebih 152 tahun terakhir. Fenomena serupa pernah terjadi pada 31 Maret 1866, merujuk pada buku berjudul Canon of Lunar Eclipse 1.500 B.C. - A.D. 3.000 karya Bao-Lin Liu dan Alan D. Fiala.

Seberapa terang gerhana yang terjadi, akan tergantung pada kondisi cuaca global dan jumlah debu atau abu di udara nantinya. Jika atmosfer Bumi cukup cerah, Bulan akan menampakkan cahaya terangnya selama gerhana.

Sebaliknya, jika langit mendapat cukup banyak gangguan, Bulan justru akan tampak menjadi sangat gelap. Salah satu fenomena yang dapat menyebabkan hal tersebut adalah erupsi gunung berapi.

Indonesia sempat mengalami hal ini saat erupsi Gunung Agung di Bali terjadi pada Desember 1963 lalu, yang menyebabkan Bulan hampir benar-benar hilang selama fenomena gerhana.


Jangan lewatkan momen langka ini dengan mengirimkan informasi seputar fenomena Super Blue Blood Moon di sekitar kalian ke pasangmata.com. (rns/rns)
FOKUS BERITA Gerhana Bulan Langka