Senin, 22 Jan 2018 15:43 WIB

Hapus Nama Astronaut Kulit Hitam, NASA Tuai Kecaman

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Jeanette Epps. Foto: NASA Jeanette Epps. Foto: NASA
Jakarta - Keputusan NASA membatalkan partisipasi salah satu astronaut dalam misi mereka berikutnya menimbulkan kecaman hingga pembuatan petisi.

Jeanette Epps, astronot asal Amerika Serikat ini, harus gigit jari setelah NASA menghapus namanya dari misi Expedition 56 dan 57 ke International Space Station (ISS).

Rencananya, misi tersebut akan dilangsungkan pada Juni mendatang, dengan menggunakan Soyuz, kendaraan antariksa milik Rusia, yang diterbangkan dari Kazakhstan.

Padahal, wanita berusia 47 tahun ini akan menjadi angkasawan berdarah Afrika-Amerika pertama yang didaulat menjadi kru di stasiun luar angkasa tersebut, seperti detikINET kutip dari BBC, Senin (22/1/2018).

Jeanette sendiri sempat menunjukkan antusiasmenya terhadap keikutsertaannya dalam Expedition 56 dan 57. "Saya sangat antusias saat berpikir bahwa saya akan pergi ke luar angkasa," ujarnya saat diwawancara dengan majalah Elle.

"Saat orang-orang kembali dari antariksa, saya melihat betapa mereka sangat menginginkan untuk kembali ke sana," ia menambahkan.

Tapi Jeannette harus gigit jari lantaran posisinya akan digantikan oleh Serena Auñón-Chancellor, yang memang menjadi wakil dari Jeanette pada misi kali ini.

Keduanya sempat tergabung bersama-sama di angkatan astronot NASA ke 20 yang terpilih pada Juni 2009. Mereka beranggotakan sembilan orang, dengan tujuh di antaranya sudah merasakan atmosfer luar angkasa.

Badan antariksa Amerika tersebut tidak memberikan alasan yang jelas terkait dengan gagalnya Jeanette untuk meluncur ke ISS. Namun mereka tetap mempertimbangkan wanita kelahiran Syracuse, New York, ini terhadap misi selanjutnya.

Lebih lanjut, NASA mengatakan bahwa mereka akan menempatkan Jeanette kembali ke Johnson Space Center di Houston, AS, untuk mengambil tugas di Astronaut Office, sebagaimana tertulis dalam situs resminya.

Dikecam Sang Kakak

Keputusan NASA untuk menarik mundur Jeanette dari Expedition 56 dan 57 menuai kecaman keras dari sang kakak, Henry Epps. Ia menulis di laman Facebook, bahwa adiknya sudah berjuang melawan rasisme dan misogini hingga sampai di titik sejauh ini.

Ironisnya, ia menambahkan, NASA justru menahannya untuk melangkah lebih jauh lagi setelah segala pengorbanan yang dilakukannya.

Tulisannya tersebut pun memicu lahirnya petisi dalam situs MoveOn.org yang meminta agar Jeanette mendapatkan kembali misinya. Sampai saat ini, sudah ada 532 orang yang berpartisipasi, dengan target mencapai 750.

Meskipun Henry mengatakan bahwa bukan dirinya yang menginisiasi gerakan tersebut, namun ia mengaku sudah menjadi partisipan, pun dengan anggota keluarga yang lain. (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars

    'Masih Sulit Bawa Manusia Terbang ke Mars'

    Senin, 18 Jun 2018 21:35 WIB
    Space Launch System NASA, Rocket SpaceX milik Elon Musk, dan Blue Origin kepunyaan Jeff Bezos, diyakini mantan astronot ini masih sulit bawa manusia ke Mars.
  • Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Huawei Bantah Ancam Keamanan Australia

    Senin, 18 Jun 2018 19:59 WIB
    Huawei merilis surat terbuka yang isinya membantah tudingan pemerintah Australia yang menilai jaringan mereka berbahaya bagi keamanan nasional negara itu.
  • Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Si Kardus Nintendo Labo Laris Manis

    Senin, 18 Jun 2018 15:35 WIB
    Berbahan dasar kardus, tak sedikit gamer yang mengejek kemunculan Nintendo Labo. Meski demikian, nyatanya aksesoris Nintendo Switch ini laris manis di pasaran.
  • Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Google Guyur Pesaing Alibaba Rp 7,7 Triliun

    Senin, 18 Jun 2018 14:26 WIB
    Google terus memperkuat cengkraman bisnisnya di China dengan cara mengguyur uang triliunan rupiah di salah satu raksasa e-commerce pesaing terkuat Alibaba.
  • Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Trafik Data Lebaran Telkomsel Melonjak 109%

    Senin, 18 Jun 2018 13:35 WIB
    Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data signifikan. Jika dibandingkan periode Lebaran tahun lalu, trafik data operator seluler itu melonjak pesat 109%.
  • Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Fortnite Ikut Nebeng Semarak Piala Dunia

    Senin, 18 Jun 2018 12:53 WIB
    Setelah update Thanos dari euforia film Avengers Infinity War beberapa waktu lalu, kini game Fortnite juga ikut serta menyemarakkan Piala Dunia 2018.
  • Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Bill Gates Ternyata Ada Dua Orang

    Senin, 18 Jun 2018 10:59 WIB
    Hari ini adalah hari ayah di Amerika Serikat. Pendiri Microsoft Bill Gates pun tak ketinggalan mengucapkan selamat hari ayah untuk bapaknya yang ternyata..