Sabtu, 20 Jan 2018 09:28 WIB

Pencipta T-Rex Asal Jogja Ingin Saingi Robot Jepang

Usman Hadi - detikInet
Foto: Usman Hadi/detikcom Foto: Usman Hadi/detikcom
Yogyakarta - Memanfaatkan barang bekas, Muhammad Iqbal Firmansyah dan tim robotik Jagad Jaya Kreasi asal Jogja berhasil membuat robot T-Rex. Mereka berharap bisa menyaingi robot buatan luar negeri.

Diakui Iqbal, robot T-Rex yang bisa berjalan dengan dua kaki ini masih terus dikembangkan dengan menambah sejumlah konsep dan kemampuan baru, antara lain, bisa membuat robotnya berjalan dengan empat kaki.

"Kalau dua kaki (seperti sekarang) jalannya tidak imbang, makanya kami pakai kereta (gerobak). Kalau (robot T-Rex) empat kaki mungkin bisa membawa anak-anak tanpa gerobak," sebutnya saat didatangi di kediamannya di Kampung Purbayan, Kotagede, Yogyakarta.

Pencipta T-Rex Asal Jogja Ingin Saingi Robot Jepang Foto: Usman Hadi/detikcom


Sebagai robot buatan anak bangsa, Iqbal berharap, robot T-Rex buatannya bisa masuk sejumlah tempat wisata. Sebab, selama ini robot yang ada di sejumlah tempat wisata adalah robot animasi elektronik (animatronik) semacam ini didatangkan dari luar negeri, seperti Jepang, China dan dari negara Eropa.

"Semoga ke depannya dapat perhatian dari pengelola-pengelola destinasi wisata. Ini kan (buatan) lokal, selama ini kan (animatronik) impor," harap Iqbal.

Selain itu, Iqbal juga berharap robot buatannya kelak bisa dipasarkan secara luas. Namun dia belum bisa menentukan berapa biaya yang bisa ditebus untuk membeli robotnya karena robot tersebut masih dalam tahap pengembangan.



"Tapi nanti paling harganya bervariasi, tergantung tingkat kerumitan, tipe dan sebagainya," ungkap lulusan SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini.

Dikatakannya, sejauh ini sudah ada beberapa pihak yang melirik robot buatannya. Beberapa di antaranya juga sudah menghubungi langsung tim Jagad Jaya Kreasi.

"Kalau sudah sempurna, bagi yang ingin pesan mudah sih mas. Bisa (menghubungi) lewat nomor kontak mungkin. Juga bisa menghubungi kami secara langsung di Instagram Jagad Jaya Kreasi," tutupnya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed