BERITA TERBARU
Jumat, 19 Jan 2018 08:08 WIB

Siap-siap! Asteroid Sebesar Burj Khalifa akan Melintasi Bumi

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: dok. NASA Foto: dok. NASA
Jakarta - Awal bulan depan, Bumi akan 'kedatangan tamu' yaitu sebuah asteroid yang panjangnya melebihi gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Berdasarkan keterangan dari Center for Near Earth Object Studies oleh NASA, pada 4 Februari 2018, asteroid bernama 2002 AJ129 akan melintasi Bumi.

Panjang asteroid ini diperkirakan dapat mencapai hingga 1.219 m, atau sekitar 47% lebih besar dibanding gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa, yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Pencakar langit itu sendiri memiliki tinggi 828 m.

NASA mengatakan bahwa 2002 AJ129 masuk ke dalam golongan asteroid yang memiliki 'potensi bahaya', dikarenakan ukurannya di atas 150 m dan melintas Bumi dengan jarak di bawah 7.500.000 km.

Para peneliti pun siap memantau kedatangannya dengan menggunakan Goldstone Radio Telescope yang berada di California, Amerika Serikat. Teleskop tersebut merupakan satu dari dua radar astronomi paling kuat milik AS, selain Arecibo Telescope di Puerto Rico.

Karakteristik 2002 AJ129, seperti ukuran, bentuk, rupa dari dalam dan luar, dan kecepatan rotasi menjadi sasaran para peneliti untuk digali lebih lanjut.

"Dari sini, kami juga dapat mempelajari mengenai objek-objek semacamnya dengan observasi menggunakan radar," ujar Lance Benner, ahli astronomi NASA, yang mempelajari asteroid pelintas Bumi, seperti detikINET kutip dari Newsweek, Jumat (19/1/2018).

Nantinya, radar akan mengumpulkan gelombang suara yang dapat digabungkan sehingga membentuk citra. Dari situ, para peneliti dapat melihat bagaimana bentuk asteroid tersebut, tergantung dari refleksinya terhadap cahaya radar.

Lance dan sejumlah rekannya pun sudah memesan fasilitas di Goldstone Radio Telescope untuk mempelajari sekitar 40 asteroid di 2018, dengan jumlah yang masih sangat mungkin bertambah.

Untungnya, meskipun masuk kategori 'berpotensi bahaya', NASA menyatakan bahwa tidak akan ada dampak yang diakibatkan oleh asteroid tersebut, mengingat jaraknya masih cukup jauh dari Bumi saat melintas, yaitu sekitar 4.000.000 km. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed