Senin, 15 Jan 2018 12:48 WIB

Brad Pitt dan Justin Bieber Siap Cicipi Wisata Antariksa

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Paul Drinkwater/NBCUniversal via Getty Images Foto: Paul Drinkwater/NBCUniversal via Getty Images
Jakarta - Mimpi Brad Pitt, Justin Bieber, Aston Kutcher hingga fisikawan Stephen Hawking sebagai warga sipil untuk merasakan wisata antariksa, semakin menjadi kenyataan. Sebab, pesawat yangs udah mereka pesan tiketnya telah sukses diuji penerbangannya.

Tokoh-tokoh yang disebut di atas adalah sebagian kecil dari ratusan orang yang telah mendaftar untuk mengantre liburan ke antariksa. Setidaknya, bagi yang ingin mencicipi pengalaman tersebut harus merogoh kocek sekitar 200 ribu Poundsterling.

Adalah VSS Unity milik Virgin Galactic dinyatakan berhasil tes terbang di gurun Mojave, California, Amerika Serikat. Keberhasilan tersebut memberi tanda bahwa jalur wisata di antariksa kian menjadi kenyataan.

VSS Unity dipersiapkan oleh Virgin Galactic sebagai kendaraan yang dapat mengangkut turis yang ingin menikmati pemandangan Bumi dari sudut pandang di luar angkasa.

Dikutip dari Express, Senin (15/1/2018) VSS Unity meluncur dengan aman membelah langit. Ia mampu bermanuver di atas ketinggian 50 ribu kaki atau sekitar 15 kilometer diatas permukaan tanah.

Perlu jadi catatan, pesawat tersebut telah sukses terbang selama tujuh kali pengujian. Pada pengujian terakhir, VSS Unity mengaplikasikan penuh thermal protection system (TPS).

Brad Pitt dan Justin Bieber Siap Cicipi Wisata AntariksaFoto: Virgin Galactic


Saat lepas landas, VSS Unity dibantu oleh VMS Eve untuk bisa terbang ke atas. Ketika sudah mencapai ketinggian tertentu, VMS Eve akan melepaskan VSS Unity di udara. Kemudian, pesawat tersebut akan melesat ke ruang hampa dan memberikan pengalaman penumpang untuk merasakan wisata antariksa.

VSS Unity adalah pesawat versi kedua dari SpaceShipTwo. Virgin Galactic menargetkan dapat memboyong wisatawan ke antariksa pada April 2018.

Sementara itu, keberhasilan tes terbang VSS Unity bagi Virgin Galactic merupakan kemajuan yang positif. Pasalnya, perusahaan yang dipimpin oleh Richard Branson itu pernah mengalami kegagalan dalam pengujian penerbangan pesawat untuk turis antariksa pada tiga tahun lalu.

Brad Pitt dan Justin Bieber Siap Cicipi Wisata AntariksaFoto: Virgin Galactic


"Hari yang menyenangkan untuk Virgin Galactic dengan SpaceShipTwo turun dari ketinggian 50 ribu kaki lurus ke bawah pada 0,9 Mach. Mudah-mudahan ini adalah uji terbang terakhir," kata Branson.

Impian Lama Richard Branson

Dalam mewarkan wisata ke antariksa ini, Virgin Galactic harus bersaing dengan SpaceX dan Blue Origin yang menawarkan paket serupa. Meski demikian, perusahaan transportasi ini merupakan yang paling pantang menyerah.

Hal itu bisa dilihat dari kegagalan Virgin Galactic saat melakukan uji penerbangan pada tiga tahun lalu. Ketika itu, pilotnya meninggal dunia.

Belajar dari pengalaman pahit itu, Branson terus mencari cara agar dapat menyediakan pengalaman wisata ke antariksa bisa berjalan dengan lancar dan aman. Terlebih, proyek ini adalah impian Branson yang sudah diidam-idamkan. Ia ingin segera mewujudkannya.

"Saya pikir saya akan kecewa jika kita tidak ke luar angkasa dengan tes terbang pada akhir tahun ini dan saya tidak ke luar angkasa sendiri tahun depan dan program ini tidak akan berjalan baik di akhir tahun depan," ujar Branson, Kamis (6/4/2017).

Ketimbang menggunakan roket tradisional, Virgin Galactic merancang pesawat ulang alik yang disebut SpaceShipTwo. Ia lepas landas seperti pesawat biasa, namun kecepatannya lebih tinggi.

"Program tes ini akan berjalan dengan baik dan selama kita memiliki pilot yang berani melampaui batas, kami rasa dengan 12 tahun kerja keras, kami hampir sampai ke sana," ungkap Branson. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed