BERITA TERBARU
Kamis, 28 Des 2017 08:25 WIB

Momen Bersejarah Pertama Kali Manusia Melayang di Angkasa

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Pada 7 Februari 1984, astronot Bruce McCandless berhasil melakukan salah satu momen paling bersejarah dalam perjalanan manusia ke luar angkasa.

"Antariksawan Bruce McCandless berkelana jauh dari keterbatasan dan keamanan kendaraan luar angkasa, hal yang belum pernah dilakukan oleh astronot sebelumnya."

Kurang lebih, begitulah NASA menggambarkan sebuah gambar yang mengabadikan momen Bruce McCandless tengah mengendalikan jetpack dan melayang bebas di angkasa tanpa terhubung dengan pesawat antariksa, seperti dilansir detikINET dari TIME, Kamis (28/12/2017).

"Hal ini terjadi berkat jetpack dengan tenaga nitrogen, yang sebelumnya dikenal sebagai Manned Maneuvering Unit (MMU). Setelah serangkaian uji coba pengoperasiannya di dalam dan luar Challenger, McCandless terbang bebas sejauh 320 kaki (97 m) dari orbiter," lanjut keterangan tersebut.

Sejatinya, McCandless tidak sendirian dalam melakukan penjelajahan singkat tersebut, namun ditemani oleh rekannya yaitu Robert L. Stewart.

Walaupun begitu, sejarah lebih memilih untuk mencatat nama astronot yang disebutkan pertama, sebagaimana aksinya diabadikan oleh pilot Challenger, Robert 'Hoot' Gibson.



Sebelum dikenal melalui gambar ikonik tersebut, McCandless mengawali karirnya sebagai pilot dari Angkatan Laut Amerika Serikat pada awal 1960an, sebelum terpilih sebagai satu dari 19 penerbang yang terpilih oleh NASA dalam sebuah pelatihan astronaut.

Setelahnya, ia memegang beberapa peran besar dalam perjalanan NASA itu sendiri, seperti merancang sekaligus menguji jetpack MMU hingga dipercaya sebagai Capsule Communicator (CAPCOM) dalam misi Apollo 11 ke Bulan.

Meskipun kejadian tersebut sudah berlalu lebih dari 30 tahun, dan McCandless sendiri sudah wafat di usia 80 sepekan lalu, foto yang seakan membuat antariksawan tersebut 'kekal' itu tampak masih mampu mempesona banyak orang. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed