Kamis, 23 Nov 2017 07:31 WIB

Sinyal Aneh Terdeteksi dari 234 Bintang, Kerjaan Alien?

Muhammad Imron Rosyadi - detikInet
Ilustrasi. Foto: istimewa Ilustrasi. Foto: istimewa
Jakarta - Sepasang peneliti asal Kanada menemukan sinyal aneh dari ratusan Bintang, yang diprediksi dihasilkan oleh makhluk asing di luar angkasa.

Dua ahli astronomi dari Laval University, Kanada, yaitu E.F. Borra dan R. Trottier, telah merilis laporan hasil studi mereka yang berjudul "Discovery of Peculiar Periodic Spectral Modulations in a Small Fraction of Solar Type Stars" di dalam Publications of the Astronomical Society of the Pasific.

Dalam penelitian tersebut, mereka menggunakan data dari Sloan Digital Sky Survey dan menganalisis spektrum dari 2,5 juta Bintang. Hasilnya, mereka menemukan 234 Bintang yang menghasilkan sinyal penuh teka-teki di dalamnya.

Meskipun perbandingannya sangat kecil antara bintang yang menghasilkan sinyal dengan jumlah seluruh sampel (tidak sampai 1 : 1.000), namun mereka mengatakan bahwa tangkapan tersebut bukan sinyal biasa.

Bagi duo peneliti tersebut, sinyal ini sangat mirip dengan struktur dari sinyal yang dihasilkan oleh ETI (Extraterrestrial Intelligence), seperti yang diprediksi oleh Borra dalam studi sebelumnya.

Temuan 234 bintang oleh Borra dan Trottier dalam studi tersebut tidak sembarangan. Seluruhnya ditemukan di dalam jangkauan spektral F2 hingga K1 yang berisi kumpulan Bintang dengan spektrum yang tidak berbeda jauh dengan Matahari.

"Jika Bintang seperti Matahari dapat menyokong kehidupan di planet seperti Bumi, maka tidak menutup kemungkinan kumpulan Bintang tersebut juga dapat mengakomodasi bentuk kehidupan lain," ujar mereka, seperti dilansir detikINET dari Futurism pada Kamis (23/11/2017).

Mereka dua hipotesis terhadap asal usul sinyal tersebut, yaitu reduksi terhadap data yang dikumpulkan oleh Sloan Digital Sky Survey sendiri agar sinyal yang ditangkap lebih mudah untuk didefinisikan, atau sinyal tersebut memang dikirim oleg ETI seperti yang diprediksi oleh penelitian Borra pada 2012 lalu.

Untuk memastikan hal tersebut, proyek Breakthrough Listen Initiative pun dilakukan untuk mengobservasi 234 Bintang tersebut mengunakan teleskop Automated Planet Finder di Lick Observatory, California.

Hasilnya, tim dari proyek tersebut memberikan skor 0 sampai 1 dalam Rio Scale, yaitu sebuah ukuran internasional dari SETI (Search for Extraterrestrial Intelligence) untuk menghitung seberapa besar indikasi terdapat sebuah kehidupan dalam satu temuan.

Skor 0 sampai 1 berarti tidak signifikan, kecil kemungkinan ditemukannya sebuah kehidupan di dalamnya. Hal tersebut membuat kita masih harus menunggu lama untuk mendapat sinyal dari makhluk asing, jika mereka memang benar-benar ada.

Sebelumnya, Messaging Extraterrestrial Intelligence (METI) International mengaku telah berhasil memberi pesan ke angkasa luas, yang diharapkan dibalas oleh alien pada 2042.

(yud/yud)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed