Jumat, 05 Feb 2010 10:50 WIB

Robot Astronot NASA akan Jelajah Angkasa

- detikInet
Washington - Lembaga antariksa NASA tengah giat membuat sebuah robot astronot humanoid. Robot canggih ini kemungkinan suatu hari nanti, bakal menggantikan berbagai tugas manusia kala menjalankan misi berbahaya di luar angkasa.

Bekerja sama dengan perusahaan mobil General Motors, robot bernama Robonaut 2 tersebut dirancang dapat bekerja berdampingan dengan manusia. Selain membantu astronot manusia di angkasa luar, Robonaut 2 juga bakal diperbantukan untuk membuat mobil di pabrik.

NASA sebelumnya sudah membuat Robonaut generasi pertama. Tentunya Robonaut 2 bakal lebih canggih ketimbang pendahulunya, didesain untuk bekerja lebih cepat, lebih terampil dan konstruksinya lebih kuat.

"Teknologi robot canggih ini menjanjikan sesuatu yang besar, tidak hanya untuk NASA tapi juga bagi bangsa ini," ujar Doug Cooke dari NASA seperti detikINET kutip dari ComputerWorld, Jumat (5/2/2010).

Pemerintah Amerika Serikat telah menyetujui anggaran US$ 3 miliar bagi NASA untuk mengembangkan beragam robot, khususnya robot perintis untuk misi angkasa. Misalnya robot yang bisa mendarat di bulan untuk mengumpulkan informasi terlebih dahulu sebelum manusia datang.

Saat ini, berbagai jenis robot sudah dipekerjakan NASA. Kendaraan robot bernama Phoenix Lander misalnya, sudah dikirimkan ke Mars untuk melakukan penelitian.


(fyk/faw)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed