BERITA TERBARU
Senin, 02 Nov 2009 16:10 WIB

Robot AIDA, Teman Setia di Perjalanan

- detikInet
Jakarta - Membutuhkan seorang teman yang setia menemani di perjalanan? Sebuah robot bernama Affective Intelligent Driving Agent (AIDA) akan menjadi teman yang bisa diandalkan.

Para tim dari MIT yang membesut robot ini berharap AIDA dapat membantu mengubah cara orang berinteraksi dengan kendaraan mereka.

"Dengan kehadiran sensor dan komputer mobile, informasi tentang hal-hal di sekitar kita akan mudah didapatkan," ujar Professor Carlo Ratti, direktur MIT's SENSEable City Lab.

AIDA merupakan proyek gotong royong MIT dengan Audi dan the Volkswagen Group of America's Electronics Research Lab. AIDA didesain untuk ditempatkan di dashboard kendaraan, dan memberikan informasi real-time dari internet tentang kepadatan lalu lintas, serta pusat pengisian bahan bakar di sepanjang rute yang dilalui pengendara.

Dikutip detikINET dari Computerworld, Senin (2/11/2009), tak hanya itu, robot ini diprogram untuk mampu mengingat rute dari dan ke tempat kerja, serta lokasi yang biasa dituju pengendara, seperti toko bahan makanan. Si AIDA juga mampu memonitor ekspresi wajah pengendara seperti ekspresi lelah atau cemas.

AIDA akan berkomunikasi dengan pengendara melalui sejumlah gerakan visual seperti kedipan mata atau senyum, serta memberikan informasi secara verbal tentang rute alternatif atau level bahan bakar kendaraan.

"Dalam waktu seminggu, AIDA mampu menghafal lokasi rumah dan tempat kerja pengendara. AIDA juga dapat memberikan feedback tentang perilaku menyetir, membantu pengendara untuk lebih hemat energi serta menyetir secara aman," tukas Assaf Biderman, associate director of the SENSEable City Lab.

Namun, tidak disebutkan secara jelas kapan proyek robot ini akan selesai dan siap dipasarkan. Sebelum MIT, telah ada sejumlah perusahaan dan universitas yang mencoba 'mengawinkan' kendaraan dengan robot. Salah satunya adalah Robot Agent besutan Nissan yang menggunakan kamera untuk membaca mimik muka pengendara, dan berbicara dengan bahasa Inggris serta Jepang.

(faw/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed