Kunci Mobil Pintar 'Lumpuhkan' Ponsel Pengemudi

Kunci Mobil Pintar 'Lumpuhkan' Ponsel Pengemudi

- detikInet
Sabtu, 13 Des 2008 12:25 WIB
San Francisco - Mengutak atik ponsel sembari mengemudi sudah lama dinilai membahayakan, terbukti dengan banyaknya kecelakaan yang disebabkan aktivitas tersebut. Meski demikian, tetap saja banyak orang melakukannya dengan berbagai alasan.

Tergugah dengan fenomena ini, dua ilmuwan di Amerika Serikat mengembangkan kunci mobil dengan sistem komputer canggih. Kunci pintar ini diklaim mampu mencegah pengguna berbicara atau mengirim SMS via ponsel pada saat sedang mengendarai mobil.

Key2SafeDriving, demikian nama perangkat itu, begitu dimasukkan ke dalam lubang kunci secara otomatis bakal mengirim sinyal nirkabel ke ponsel pengemudi. Sinyal ini akan memblokir ponsel sehingga tak dapat dipakai untuk berbicara atau SMS.

Dikutip detikINET dari AFP, Sabtu (13/12/2008), kunci pintar tersebut dikembangkan oleh dua ilmuwan, Xuesong Zhou dan Dr. Walace Curry dari University of Utah, Amerika Serikat. Rencananya, Key2SafeDriving bakal dipasarkan dalam enam bulan ke depan dengan harga sekitar US$ 50.

Key2SafeDriving bisa digunakan umpamanya oleh orang tua yang tidak ingin anak-anaknya sembrono berponsel sambil ngebut sehingga bisa mengancam jiwa. Apalagi ada anggapan, pengaruh ponsel sudah seperti alkohol dalam hal mengganggu konsentrasi pengendara.

Sharing info soal gadget favorit? Gabung di detikINET Forum! (fyk/fyk)