Review Realme 10: Smartphone Powerful di Harga Rp 2 Jutaan

Review Realme 10: Smartphone Powerful di Harga Rp 2 Jutaan

ADVERTISEMENT

Review Realme 10: Smartphone Powerful di Harga Rp 2 Jutaan

Monica Arum - detikInet
Jumat, 09 Des 2022 08:45 WIB
Realme 10
Review Realme 10: Smartphone Powerful Diharga Rp 2 Jutaan. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Realme 10 yang resmi dirilis di Indonesia pada 9 November 2022. HP ini ditenagai chipset yang lagi ngetren yaitu MediaTek Helio G99.

Tapi tak hanya itu daya tariknya. Realme 10 hadir dengan layar Super AMOLED refresh rate 90Hz.

Tak sampai di situ, Realme turut menjanjikan kemampuan kamera yang dapat diandalkan dalam segala kondisi. Seperti apa pengalaman detikINET menjajal Realme 10? Berikut review singkatnya.


Desain

Pertama kali menggenggam Realme 10, rasanya nyaman dan tidak licin. Desainnya flat seperti gaya smartphone kekinian.

Realme 10 tidak terasa terlalu besar maupun terlalu lebar, bobotnya juga ringan yaitu 178 gram dengan dimensi 159,9 x 73,3 x 7,95mm.

Realme 10Realme 10 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Body belakang tampak elegan seperti kaca, dengan warnanya memancarkan gradasi yang harmonis dan terdapat dua kamera belakang disematkan sederhana. Realme 10 memiliki dua pilihan warna Rush Black dan Clash White.

Tombol power pada Realme 10 ini ada di sisi kanan yang menyatu dengan sensor sidik jari, dan bagian atasnya terdapat tombol pengaturan volume. Port jack audio masih disematkan pada HP ini pada bagian bawah yang sejajar dengan port USB Type C, microphone, dan speaker. Sedangkan slot SIM Card dan microSD ada pada sisi kiri body, dan bagian atas ada microphone lagi.


Layar

Layarnya mengusung Super AMOLED 6,4 inch beresolusi Ful HD+ dengan refresh rate 90Hz. Membuat pengguna mendapatkan eksperimen scroll layar dengan lebih halus dan mulus seperti menggunakan HP di kelas atasnya.

Realme 10Realme 10 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ukuran layar Realme 10 terbilang nyaman untuk digunakan menyaksikan tayangan hiburan, warna yang dipancarkan tajam dan jernih. Kamera yang disematkan di bagian depan pada sudut kiri pun tidak mengganggu ketika menonton video kondisi full-screen.

Bazel Realme 10 pada bagian samping dan atas sudah minimalis, namun pada bagian belakang masih terlihat lebih tebal.


Performa dan Baterai

Seperti dikatakan di awal, Realme 10 memboyong chipset yang tengah ngetren yaitu MediaTek Helio G99. Ditambah dengan memori yang lapang RAM 8GB/128GB (yang di-review detikINET) membuat pengalaman bermain gim seperti PUBG terasa lancar dan tidak ngadet.

Untuk bermain PUBG bisa menggunakan setting grafis smooth dan frame rate ultra. Ketika dites Geekbench hasil skor single-core sebesar 561 dan skor multi-core sebesar 1689.

Benchmark Realme 10Benchmark Realme 10 Foto: Monica Arum Tiyasworo/detikINET

Nyamannya bermain game pun ditambah dengan daya baterai sebesar 5.000 mAh yang didukung SuperVOOC 33W. Lama pengisian daya dari 12% ke 100% hanya memerlukan waktu selama 73 menit. Dari pengalaman, Realme 10 terasa awet untuk kegiatan harian dari berselancar di media sosial, chat, swafoto, hingga gim dengan pembagian waktu yang tidak dominan salah satunya, Realme 10 mampu bertahan sehari lebih.

Untuk bermain PUBG sekitar 30 menit, daya yang terkuras sebesar 8% dengan keadaan smartphone tidak panas. Sedangkan untuk kegiatan chat, bermedia sosial, hingga foto dan video selama seharian daya baterai yang digunakan tidak mencapai 50%.

Selanjutnya Kamera



Simak Video "Teknologi COP di Balik Layar Lengkung realme 10 Pro+ 5G"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT