Review Xiaomi TV A2 55 Inch, Pilihan Buat Beralih ke TV Digital

ADVERTISEMENT

Review Xiaomi TV A2 55 Inch, Pilihan Buat Beralih ke TV Digital

Anggoro Suryo - detikInet
Rabu, 17 Agu 2022 20:00 WIB
Xiaomi TV A2
Review Xiaomi TV A2 55 Inch, Pilihan Buat Beralih ke TV Digital. Foto: Xiaomi
Jakarta -

Tahun 2022 ini Xiaomi memperbarui jajaran produknya dengan sejumlah TV baru, termasuk Xiaomi TV A2. Perbedaan utama dibanding TV keluaran 2021 adalah dukungan DVB-T2, alias TV digital.

Xiaomi TV A2 ini tersedia dalam dua pilihan ukuran, yaitu 43 inch dan 55 inch. detikINET dikirimi versi 55 inch untuk diuji. Seperti apa performanya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Desain
Hal yang pertama terlihat dari TV ini adalah bezelnya yang tipis dan bodi yang terbilang ramping. Bodinya ini didominasi warna hitam, yang membuatnya semakin terlihat ramping, meski punya dimensi layar yang besar

Xiaomi TV A2Xiaomi TV A2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lalu desain kakinya yang berbeda dibanding TV 55 inch Xiaomi sebelumnya. Perbedaannya, jika sebelumnya kaki-kaki tersebut dipasang di pinggir TV, kini kakinya ada lebih irit tempat karena dipasang di bagian tengah. Alhasil TV ini lebih ramah untuk pengguna dengan meja TV yang kecil.

Tentu ada juga opsi pemasangan di tembok menggunakan bracket, karena Xiaomi TV A2 ini menggunakan standar VESA berukuran 300 x 300 mm.

Pada bagian belakang ada port yang terbilang lengkap. Seperti tiga HDMI dan dua buah USB. Salah satu dari port HDMI itu mendukung eARC (Enhanced Audio Return Channel), untuk meneruskan sinyal suara digital ke (misalnya) soundbar. Artinya anda bisa memasang soundbar yang menggunakan standar tersebut.

Selain itu ada juga port antena (DVB-T2), composite in, optical digital audio audio, dan ethernet. Kabel dayanya pun bisa dilepas, yang berguna misalnya saat anda membutuhkan kabel yang lebih panjang atau lebih pendek.

Xiaomi TV A2Xiaomi TV A2 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Antarmuka


Seperti biasa, selain sistem operasi Android TV 10, Xiaomi juga menggunakan antarmuka PatchWall buatannya di TV A2 ini. Pengguna bisa memilih antarmuka mana yang lebih disukai, PatchWall yang lebih simpel atau Android TV yang lebih familiar.

Dukungan Android ini juga membuat TV A2 mendapat akses ke banyak aplikasi hiburan dan streaming video. Dan selama pengujian, tak ada masalah sertifikasi yang dialami. Artinya, semua streaming video bisa ditampilkan dengan resolusi maksimal.

Ketika dijajal menggunakan menonton siaran TV digital pun TV A2 ini bisa berfungsi dengan baik. Sayangnya, selain tangkapan sinyal di lokasi saya kurang bagus, saya pun sudah hampir tak pernah menonton TV melalui tangkapan antena.

Spesifikasi, fitur dan kesimpulan ada di halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT