Hands On Samsung Galaxy Flip 4 5G: Lebih Compact dan Ngebut

ADVERTISEMENT

Laporan dari New York

Hands On Samsung Galaxy Flip 4 5G: Lebih Compact dan Ngebut

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 12 Agu 2022 11:00 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 4
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
New York -

Samsung telah merilis Galaxy Z Flip 4 5G, smartphone foldable penerus dari Flip 3. Apa keunggulan dari Ponsel layar lipat ini?

DetikINET berkesempatan untuk menjajal langsung Flip 4 5G yang diluncurkan secara global dari New York, Amerika Serikat.

Melihatnya pertama kali seolah tidak ada perbedaan dengan pendahulunya. Namun begitu memandangnya dari dekat, ada perbedaan yang terlihat.

Frame dan tepiannya dibuat lebih flat. Ketika menggenggamnya baru benar-benar terasa perbedaannya, terasa lebih ergonomis dan ramah di tangan.

Sebagai perangkat yang sering dilipat-lipat, Samsung mengaku telah meningkatkan daya tahan dari Flip 4. Bodinya dibalut Gorilla Glass Virtus+ dengan rangka berbahan amor alumunium, engselnya sudah melampaui uji ketahanan 200 ribu kali.

Dan, detikINET merasakan hal itu. Ketika dibuka maupun ditutup, engsel begitu terasa kokoh. Namun demikian proses buka tutup sendiri begitu mudah.

Samsung Galaxy Z Flip 4Samsung Galaxy Z Flip 4 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar Super AMOLED 1,9 inch di bagian depan ponsel kini makin memungkinkan kita melakukan banyak tugas yang biasanya hanya bisa dikerjakan pada layar dalam. Bahkan kita bisa melakukan modifikasi tampilannya agar sesuai mood.

Saat dibuka, Z Flip 4 menyuguhkan layar 6,7 inch dengan panel Dynamic AMOLED 2X, resolusi 2.640 x 1.080 pixel dan adaptive 1~120Hz. Kualitas gambarnya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Samsung GalaxySamsung Galaxy Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

Samsung memberikan peningkatan pada kamera Flip 4. Kendati ukuran kamera ganda di bagian luarnya masih 12 MP hasilnya dijanjikan piawai memotret malam dan membuat video stabil.

Samsung juga memberikan kemudahan untuk memotret portrait menggunakan kamera dan layar di cover. Raksasa teknologi asal Korsel ini memberikan beberapa opsi penggunaan kamera Galaxy Z Flip 4.

Samsung Galaxy Z Flip 4Samsung Galaxy Z Flip 4 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Salah satu yang menarik FlexCam. Ini mode pengambilan video seperti merekam dengan handycam. Ini cocok bagi kalian yang ingin merekam atau kebutuhan konten, seperti vlog.

Samsung turut memoles fitur Flex Mode sehingga penggunaannya lebih optimal. Salah satu kemampuan barunya adalah TouchPad. Jadi ketika layar setengah di lipat, di bagian atas akan menampilkan aplikasi sedangkan bagian bawah ada terdapat area kontrol layaknya trackpad di laptop.

Kita bisa melakukan navigasi menggunakan kursor. Atau dapat melakukan screenshot, menaikturunkan volume dan lainnya.

Samsung Galaxy Z Flip 4Samsung Galaxy Z Flip 4 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Samsung telah bekerja dengan pengembang untuk memastikan bahwa aplikasi populer sekarang sepenuhnya dioptimalkan. Saat menonton YouTube, Netflix, atau Disney Plus, semua aplikasi ini sekarang memisahkan kontrol dari video, memungkinkan kita mendapatkan pengalaman yang lebih mendalam.

Z Flip 4 turut memberikan mode streaming hands-free. Ini memungkinkan Anda melakukan streaming langsung ke YouTube, Instagram, Facebook, dan aplikasi lain dengan cara yang lebih optimal.

Selanjutnya Kinerja

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT