Hands-on iPhone SE 2022, Kecil-kecil Cabe Rawit

ADVERTISEMENT

Hands-on iPhone SE 2022, Kecil-kecil Cabe Rawit

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 28 Jun 2022 11:45 WIB
iPhone SE 2022
Hands-on iPhone SE 2022, Kecil-kecil Cabe Rawit Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta -

Belum lama ini iPhone SE 2022 hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan penggemar iPhone dengan budget terbatas. Diluncurkan dua tahun setelah iPhone SE 2, iPhone SE generasi ketiga ini membawa dua upgrade besar.

Meski baru saja diluncurkan, desain iPhone SE 2022 masih terjebak di masa lalu. Di saat ponsel sekelasnya berlomba-lomba memasang bezel setipis mungkin, iPhone SE 2022 masih memiliki bezel yang tebal di bagian atas dan bawah layarnya.

detikINET berkesempatan menjajal iPhone SE 2022 selama beberapa hari, jadi ulasan singkat ini sifatnya hanya kesan pertama. Seperti apa pengalaman menggunakan iPhone SE 2022 sehari-hari? Berikut hands-on iPhone SE 2022.

Desain

Melihat desain iPhone SE 2022 serasa kembali lagi ke tahun 2017 saat Apple meluncurkan iPhone 8. Wujudnya memang sama persis, dengan bezel yang tebal di bagian atas dan bawah serta tombol Home untuk Touch ID.

Bodi iPhone SE 2022 dibuat lebih membulat, berbeda dengan iPhone 13 series yang memiliki bodi lebih kotak dengan sisi yang datar. Sisinya yang melengkung membuat bodi iPhone SE 2022 nyaman untuk digenggam.

iPhone SE 2022 juga merupakan iPhone terbaru dengan bodi paling tipis. Tebalnya hanya 7,3 mm, sedikit lebih tipis dibandingkan dengan iPhone 13 mini yang tebalnya 7,7 mm.

Menariknya, dimensi iPhone SE 2022 sedikit lebih bongsor jika dibandingkan iPhone 13 mini, padahal diagonal layarnya lebih kecil. Tentu saja bodi yang lebih panjang ini hampir sepertiganya diisi oleh bezel tebal di bagian atas dan bawah.

iPhone SE 2022iPhone SE 2022 Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Bezelnya di bagian atas diisi oleh kamera depan dan earpiece yang juga berfungsi sebagai speaker. Di bagian bawah terdapat tombol Home yang juga berfungsi sebagai sensor Touch ID.

Tombol power dan slot kartu SIM ditempatkan di sisi kanan, sedangkan tombol volume dan switch untuk mode diam diletakkan di sisi kiri. Sementara itu di bagian bawah terdapat port Lightning yang diapit dua speaker.

Oh ya, iPhone SE 2022 memiliki rating IP67 yang membuatnya tahan debu dan air hingga kedalaman satu meter selama 30 menit. Memang tidak setinggi IP68 yang dimiliki iPhone 13 series, tapi setidaknya bisa menghilangkan rasa khawatir kalau misalnya ponsel kehujanan.

Layar

Karena panel depannya yang masih didominasi bezel, layar iPhone SE 2022 tentu saja berukuran mini. Diagonal layarnya hanya 4,7 inch, sama seperti iPhone SE 2020 dan sedikit lebih kecil jika dibandingkan iPhone 13 mini. Untuk pengguna yang tangannya kecil atau sering menggunakan ponsel hanya dengan satu tangan, ukuran iPhone SE 2022 terbilang pas.

Panel layar yang digunakan juga masih sama seperti pendahulunya yaitu Retina LCD dengan resolusi 750 x 1334 pixel. Meski tidak setajam layar iPhone 13 series, kualitas layar iPhone SE 2022 cukup memuaskan.

Dipakai untuk streaming Netflix dan YouTube pun bisa menampilkan konten kualitas tertinggi. Sayangnya, karena ukuran layarnya yang terlalu kecil pengalaman menonton jadi kurang maksimal.

iPhone SE 2022iPhone SE 2022 Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Untuk menekan harganya agar tetap terjangkau, Apple hanya menggunakan lapisan kaca untuk melindungi panel layar dan belakang iPhone SE 2022. Apple tidak menjelaskan jenis kaca apa yang digunakan, tapi yang pasti bukan Ceramic Shield seperti yang dipakai iPhone 13 series.

Lapisan kaca ini membuat bodi iPhone SE 2022 gampang menjadi magnet sidik jari, apalagi untuk varian warna Midnight yang kami jajal. Untungnya, Apple memberikan lapisan oleophobic yang membuat sidik jari jadi tidak terlalu terlihat dan panel lebih mudah dibersihkan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT