Review Oppo Find X5 Pro: Makin Mewah dengan Kamera Hasselblad

Review Oppo Find X5 Pro: Makin Mewah dengan Kamera Hasselblad

ADVERTISEMENT

Review Oppo Find X5 Pro: Makin Mewah dengan Kamera Hasselblad

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 13 Jun 2022 20:44 WIB
Oppo Find X5 Pro
Review Oppo Find X5 Pro: Makin Mewah dengan Kamera Hasselblad Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Oppo kembali meramaikan pasar ponsel flagship Indonesia dengan Find X5 Pro. Ponsel ini membawa banyak peningkatan dari segi fitur dan spesifikasi, termasuk kamera hasil kolaborasi dengan Hasselblad.

Oppo Find X5 Pro hadir menggantikan Find X3 Pro (varian Find X4 memang ditiadakan) dan mengisi pasar ponsel flagship premium di atas Rp 10 juta yang makin kompetitif meski petarungnya masih sedikit.

Lantas seperti apa performa Oppo Find X5 Pro, dan apakah sebanding dengan harganya yang selangit? Simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

Kesan pertama menggenggam Oppo Find X5 Pro adalah desainnya yang mewah dan premium. Lekukan di bodinya dikombinasikan dengan bodi yang kokoh membuatnya nyaman digenggam berlama-lama.

Oppo melapisi bagian belakang Find X5 Pro dengan keramik, menggantikan lapisan kaca yang digunakan di Find X3 Pro. Varian yang mampir ke redaksi detikINET adalah Glaze Black, tapi Oppo juga menawarkan varian Ceramic White.

Lapisan keramik di belakangnya menjadikan bodi Find X5 Pro cukup licin, apalagi kalau ponsel diletakkan di pangkuan membuatnya mudah tergelincir dan jatuh. Untungnya, Oppo menyediakan case silikon dengan finish doff berwarna senada yang bisa dipasang untuk melindungi Find X5 Pro dan membuatnya jadi lebih enak digenggam.

Oppo Find X5 ProOppo Find X5 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Find X5 Pro varian Glaze Black juga memiliki finish yang glossy bahkan bisa digunakan untuk bercermin. Memang membuat tampilannya jadi lebih mewah, tapi akibatnya bagian belakang ponsel jadi magnet untuk bekas sidik jari dan mudah kotor.

Bagian belakang Find X5 Pro masih mengusung desain unibody seperti pendahulunya dengan modul kamera yang dibuat menyatu dengan panel bagian belakangnya. Bedanya, modul kamera ini sekarang memiliki bentuk kotak yang asimetris, kurang lebih seperti trapesium.

Keputusan Oppo untuk merombak bentuk modul kameranya patut diacungi jempol karena membuat desain Find X5 Pro terlihat menonjol di tengah lautan ponsel dengan modul kamera kotak, persegi panjang, dan bulat.

Tombol power-nya yang berada di sisi kanan ponsel juga diberi aksen garis berwarna hijau. Sementara itu tombol volume-nya ditempatkan di sisi kiri ponsel. Bagian bawah ponsel dihuni oleh prt USB-C yang diapit oleh slot dual SIM dan speaker.

Layar dan multimedia

Kemewahan Oppo Find X5 Pro tidak hanya terlihat di bagian belakangnya tapi juga layarnya. Oppo membekali ponsel ini dengan panel AMOLED berukuran 6,7 inch dan resolusi 3216 x 1440 pixel (QHD+).

Layarnya mengusung teknologi LTPO sehingga refresh rate-nya bisa bervariasi dari 1Hz saat meampilkan konten statis hingga 120Hz. Touch sampling rate-nya juga mencapai 1.000 Hz, jadi layar Find X5 Pro tidak hanya bisa menampilkan konten dengan mulus tapi juga ultra responsif.

Layar Find X5 Pro juga mendukung HDR 10+ dan bisa menampilkan 1 miliar warna berkat panel 10-bit dan color gamut DCI-P3 100%. Tingkat kecerahan Find X5 Pro diklaim mencapai 1.300 nits, dan dalam penggunaan sehari-hari layarnya terbukti cerah bahkan di bawah kondisi matahari yang terik.

Oppo melapisi layar Find X5 Pro dengan Gorilla Glass Victus sebagai perlindungan ekstra untuk mencegah goresan yang tidak diinginkan. Tidak ketinggalan sertifikasi IP68 yang membuat ponsel tahan terhadap debu dan air.

Layaknya ponsel flagship Android pada umumnya, Oppo Find X5 Pro memiliki bezel yang cukup tipis di keempat sisi layarnya. Di sudut kiri atas layar terdapat punch hole berukuran kecil untuk menempatkan kamera depan.

Oppo Find X5 ProOppo Find X5 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sama seperti pendahulunya, layar Find X5 Pro dirancang sedikit melengkung di sisi kiri dan kanannya. Lengkungannya tidak begitu ekstrem sehingga tidak perlu khawatir salah pencet saat menggunakan ponsel dalam mode landscape, misalnya saat main game atau menonton video.

Untuk penikmat multimedia, Find X5 Pro menawarkan salah satu layar terbaik di kelasnya. Pengalaman menonton Netflix dan YouTube benar-benar memuaskan karena warna yang ditampilkan cerah dan memanjakan mata.

Berkat HDR 10+ dan Widevine L1, Find X5 Pro bisa dipakai untuk menonton konten HDR di Netflix. Oppo juga memberikan opsi Image Sharpener dan Video Color Enhancer untuk membuat tampilan video di beberapa aplikasi tertentu jadi lebih menonjol.

Untuk mendukung fitur multimedianya, Oppo menyertakan speaker di bagian bawah dan atas ponsel yang kualitasnya sangat memuaskan. Ada juga dukungan Dolby Atmos yang bisa diaktifkan saat ponsel terhubung dengan earphone.

Oh ya, Find X5 Pro juga memiliki sensor sidik jari bawah layar untuk lapisan keamanan tambahan. Sayangnya, sensor ini kadang kurang responsif saat digunakan untuk membuka kunci ponsel sehingga harus diulang berkali-kali.

Selanjutnya: Antarmuka dan performa>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT