Hands-on Redmi Note 11, Hampir Komplit di Harga Rp 2 Jutaan - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Hands-on Redmi Note 11, Hampir Komplit di Harga Rp 2 Jutaan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 02 Apr 2022 21:02 WIB
Xiaomi Redmi Note 11
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Baterai
Selain layar, menurut saya keunggulan dari Redmi Note 11 adalah pada daya tahan baterainya. Selama pengujian, dengan pengaturan 60Hz ponsel ini mudah bertahan selama dua hari penuh. Sementara di layar 90Hz, pada hari ke-2 baterainya habis pada menjelang sore.

Pengisian dari baterai kosong sampai penuhdengan charger 33W yang ada di paket penjualan membutuhkan waktu sekitar satu jam. Sementara mengisi dari kosong sampai 50% hanya butuh sekitar 20an menit.

Xiaomi Redmi Note 11Xiaomi Redmi Note 11 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Performa
Sayangnya, Snapdragon 680 menurut saya adalah sisi lemah dari ponsel ini. Performa grafisnya tak lebih baik dari Snapdragon 678 yang dipakai di Redmi Note 10. Padahal Snapdragon 680 ini tergolong chip baru (dirilis Q4 2021) dan memakai proses 6nm dari TSMC.

Untuk pemakaian sehari-hari, aplikasi media sosial, chatting, ataupun mengkonsumsi konten dari YouTube ataupun Netflix sebenarnya masih baik-baik saja. Namun ketika dipakai bermain game, baru terasa kalau performa grafis Snapdragon 680 ini pas-pasan.

Hal ini juga terlihat dari benchmark menggunakan 3DMark Wild Life, yang skornya hanya 443. Padahal skor Redmi Note 10 keluaran tahun lalu bisa mencapai 480an.

Benchmark Redmi Note 11 memakai 3DMark Wild LifeBenchmark Redmi Note 11 memakai 3DMark Wild Life Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Di balik performa grafisnya yang pas-pasan itu, untungnya Redmi Note 11 ini punya konsumsi daya yang irit dan tak panas ketika dipakai, bahkan saat dibenchmark. Performanya ini juga terbantu dari MIUI 13 yang ringan.

Kamera belakang Redmi Note 11 ada empat, terbagi menjadi kamera utama 50MP (beroperasi di resolusi 12,5MP secara default), kamera ultrawide 8MP, dan kamera macro serta depth sensor masing-masing 2MP. Sementara kamera depannya 13MP.

Layaknya ponsel di kelas harga ini, kualitas gambar yang dihasilkan cukup lumayan dalam kondisi terang, dan menurun cukup drastis di kondisi gelap. Ini lazim di kelas harga Rp 2 jutaan, tak mengecewakan.

Kesimpulan
Secara garis besar, Redmi Note 11 adalah ponsel yang hampir komplit. Fiturnya cukup lengkap, seperti NFC dan bahkan masih ada port audio 3,5mm, radio FM, dan IR blaster. Untuk pemakaian sehari-hari, rasanya sudah sangat mumpuni. Kekurangannya ada di SoC yang dipakai, yaitu Snapdragon 680, tepatnya di sektor grafis.

Oh ya, Redmi Note 11 pun tak punya koneksi 5G. Namun rasanya di kelas harga Rp 2 jutaan, hal itu bisa dimaafkan. Jadi, menurut saya, untuk pemakaian sehari-hari non gaming, Redmi Note 11 adalah ponsel yang mumpuni.



Simak Video "Redmi Note 11 Series Rilis di Indonesia! Ini Harga dan Spesifikasinya"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT