Review WD Blue SN570, SSD Murah Meriah yang Kencang

ADVERTISEMENT

Review WD Blue SN570, SSD Murah Meriah yang Kencang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 29 Jan 2022 18:30 WIB
WD Blue SN570 NVMe SSD, 1TB
Foto: Dok. WD
Jakarta -

Ada produk menarik dari Western Digital yang dirilis pada akhir 2021 lalu, yaitu WD Blue SN570 NVMe. Mengapa menarik? Bukan, bukan karena sangat kencang, namun karena harganya yang relatif terjangkau.

Ini karena, biasanya pabrikan SSD mengutamakan kecepatan baca ataupun tulis yang diusungnya sebagai "nilai jual" produknya. Namun tentu tak semua pengguna membutuhkan kecepatan yang sekencang itu, ataupun mampu membeli SSD dengan harga premium.

Namun bukan berarti SN570 ini punya performa yang mengecewakan. Yuk simak ulasan di bawah ini untuk tahu lebih dalam soal WD Blue SN570 NVMe.

Sebenarnya, posisi SN570 ini sudah terlihat dari penamaan dan warnanya, yaitu blue alias biru. Warna ini selalu menjadi penanda dari produk WD yang harganya terjangkau, berbeda dengan Black yang diposisikan untuk para profesional dan gamer yang butuh kecepatan tinggi.

SN570 adalah SSD berbasis PCIe 3.0 TLC NAND, dalam bentuk M.2 2280 (panjangnya 80mm). Oh ya, harga yang terjangkau ini dicapai dengan tak menggunakan dynamic random access memory (DRAM), yang lazim ditemui di SSD dengan harga lebih tinggi.

Unit review yang kami terima berkapasitas 1TB, dan dijanjikan punya kecepatan baca dan tulis sebesar 3.500 MB/s dan 3.000 MB/s. Kecepatan ini meningkat signifikan dibanding pendahulunya, yaitu SN550, yang kecepatan baca dan tulisnya 2.400 MB/s dan 1.950 MB/s.

Klaim kecepatan ini relatif sama dengan temuan dalam pengujian kami menggunakan CrystalDiskMark. Kecepatan baca sekuensialnya nyaris mendekati klaim WD, begitu juga dengan kecepatan tulisnya.

Dengan performa seperti itu, harga yang ditawarkan WD untuk SSD ini tentu sangat menarik. Yaitu kisaran Rp 700 ribu untuk kapasitas 256GB, Rp 1 jutaan untuk 500GB, dan tak sampai Rp 2 juta untuk kapasitas 1TB.

WD memposisikan SN570 ini untuk kreator konten, dan mereka pun memberikan bonus untuk setiap pembelian baru WD Blue SN570 NVMe SSD dilengkapi dengan keanggotaan satu bulan gratis di Adobe Creative Cloud, sehingga mereka bisa mengakses aplikasi dan layanan kreatif terbaik di dunia, seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Lightroom, Premier Pro dan InDesign.



Simak Video "Mengulik Seputar MPL ID dan Persiapan M4 World Championship 2023 di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT