Review Huawei MateBook 14S, Stylish dan Bertenaga

Review Huawei MateBook 14S, Stylish dan Bertenaga

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 04 Jan 2022 08:35 WIB
Huawei MateBook 14s
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Saat mengulas MateBook D15 beberapa bulan lalu, kemampuan yang ditawarkan laptop tersebut begitu memuaskan meski ada beberapa kekurangan yang dimiliki. Karena itu begitu MateBook 14s hadir, antusiasme untuk menjajalnya begitu tinggi.

Sebab laptop ini lebih premium. Baik dari segi tampilan maupun performanya, karena MateBook 14s didukung spesifikasi yang lebih mumpuni.

Dan benar saja, selama mengguna laptop anyar Huawei ini selama beberapa pekan minim komplain. MateBook 14s asik untuk diajak kerja maupun menikmati hiburan. Berikut review singkatnya:

Desain

Tidak dipungkiri ketika mata memandang MateBook 14s, bibir langsung mengucap mirip MacBook. Apalagi dimensinya 314 x 230 x 16,5 mm memang seperti laptop besutan Apple.

Terlepas dari itu, laptop ini mengusung tampilan premium nan stylish. Semua itu berkat penggunaan material alumunium yang membuat bodinya kokoh serta balutan warna Space Gray. Tapi bila ingin lebih menarik bisa memilih opsi Spruce Green.

Huawei MateBook 14sHuawei MateBook 14s Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kendati bobotnya 1,43 kg, MateBook 14s masih nyaman dibawa mobile. Port yang diberikan cukup memenuhi kebutuhan pengguna.

Bagian kiri terdapat dua port USB Type C 3.2 Gen 2 yang mendukung Dispplay Port, HDMI 1,4b dan jack audio 3,5 mm. Sementara di sisi kanan terdapat USB 3.2 Gen 1.

Huawei MateBook 14sPort sisi kiri. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Huawei MateBook 14sPort kanan. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Memasuki bagian dalam, Huawei membuat full-size keyboard dengan 1,5 mm key travel. Tidak saja responsif, tekanan yang begitu empuk membuat pengetikan lebih nyaman bahkan dalam durasi panjang, dan tidak berisik.

Huawei turut membekali backlight sehingga membantu pengguna mengetik di kondisi gelap. Ada dua tingkat keterangan cahaya yang diberikan.

Paling menarik masih ada tombol di antara F6 dan F7. T idak ada kamera tersembunyi di sana, ketika menekannya akan muncul Microsoft Voice Typing.

Dengan fitur tersebut pengguna bisa menuliskan sesuatu tanpa perlu mengetik, cukup mendiktenya saja. Namun saat ini Microsoft Voice Typing belum mendukung Bahasa Indonesia.

Huawei MateBook 14sHuawei MateBook 14s Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bagian atas keyboard terdapat tombol power yang perpadu dengan sensor sidik jari yang punya kinerjanya cukup cepat dan akurat. Laptop ini langsung memindai sidik jari begitu pengguna menghidupkannya.

Di bagian bawah terdapat touchpad yang ukurannya cukup luas dengan permukaan yang halus begitu memudahkan navigasi. Pada sasis sebelah kanan disematkan NFC untuk menghubungkan dengan perangkat Huawei lainnya dengan cepat.

Selanjutnya Layar dan Audio