Review Xiaomi Redmi 10, HP Murah dan Nyaman

Review Xiaomi Redmi 10, HP Murah dan Nyaman

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 21 Des 2021 06:45 WIB
Xiaomi Redmi 10
Xiaomi Redmi 10. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Xiaomi memiliki senjata baru di kelas entry level, Redmi 10. Bisa dibilang bahwa ini adalah handphone (HP) nyaman menurut kami karena beberapa alasan utama.

Dalam tulisan ini kami akan membahas dari segi impresi pertama, desain, kenyamanan dipegang hingga pengalaman dalam bermain game. Mari mulai membahas keunggulan dan kelemahan ponsel Xiaomi Redmi 10.

Berikut ulasan Xiaomi Redmi 10 dalam beberapa poin. Unit yang kami ulas memiliki varian tertinggi yakni 6GB/128 GB.

Desain

Impresi pertama memegang Xiaomi Redmi 10 adalah cukup meyakinkan dan menyenangkan. Alasannya adalah ponsel ini sudah memiliki desain yang kalem dan terbilang baik.

Rasa menggenggam Xiaomi Redmi 10 juga terasa enak memakai atau tanpa casing silikon bawaan. Meski terlihat gendut di bagian belakang karena mengakomodir baterai sebesar 5.000 mAh, namun kami rasa tak terlalu mengganggu.

Xiaomi Redmi 10Xiaomi Redmi 10 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Di bagian bodi ini, kami hanya terganggu oleh tulisan di sekitar modul kamera yang berbunyi, "50 MP Camera" dan "AI-CAM Photoghrapy System". Bila dihilangkan akan lebih minimalis.

Di bagian pinggir samping Xiaomi Redmi 10 ada sensor sidik jari yang terbilang cepat membaca dan jeda sepersekian detik lalu membuka layar secara otomatis.

Kelengkapan lain di bagian pinggir ini adalah slot sim ganda dan microSD, port USB-C, sensor IR Blaster dan tentu saja masih ada lubang audio jack 3,5 mm.

Xiaomi Redmi 10Xiaomi Redmi 10 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Layar

Rincian layar Xiaomi Redmi 10 yakni LCD FHD+ 6,5" dengan refresh rate hingga 90Hz yang dibalut Corning Gorilla Glass 3. Bagian layar Xiaomi Redmi 10 begitu lega karena kamera depan sudah berbentuk punchole dan berada di bagian tengah. Menurut kami, potongan yang rapi membuat penampakannya bak ponsel menengah.

Namun, bagian yang paling mengganggu ada di sini, ketika sensor kecerahan tidak berfungsi dengan baik. Jadi, layar Xiaomi Redmi 10 sering terlihat redup dan tak menaikkan kecerahan saat digunakan meski pengaturan kecerahan sudah diatur otomatis.

Xiaomi Redmi 10Xiaomi Redmi 10 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Kedua, viewing angle layar Xiaomi Redmi 10 terbatas pada sudut tertentu. Jadi, ketika kami melihat dari samping atau bawah, gambar yang ada di layar tak bisa dilihat dengan jelas.

Memang, Xiaomi Redmi 10 sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Namun, selama lebih dari seminggu menggunakan, keberadaan fitur ini masih belum maksimal dan sering terasa berat dalam beberapa momen.

Selanjutnya Kamera dan Performa