Review Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra: Punya Kelas Atas - Halaman 2

ADVERTISEMENT

Review Kamera Xiaomi Mi 11 Ultra: Punya Kelas Atas

Enche Tjin - detikInet
Minggu, 19 Sep 2021 22:00 WIB
Xiaomi Mi 11 Ultra
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Lensa Ultrawide

Lensa ultra wide di kamera ini sangat-sangat lebar, yaitu ekuivalen 12mm, praktis untuk merekam pemandangan menjadi sangat luas meskipun di tempat yang sempit. Misalnya di dalam kereta MRT saya bisa merekam ruang yang sangat luas, tapi jadi terlihat cembung.

Kualitas kameranya bagus untuk tempat terang dan gelap, dan kualitas warnanya juga masih bagus. Di banyak kamera ponsel, modul ultrawidenya berkualitas jauh lebih rendah daripada kamera utamanya, tapi tidak di Xiaomi Ultra ini.

Review kamera Xiaomi Mi 11 UltraLensa Ultrawide mampu merekam pemandangan di ruang yang sempit namun hasilnya agak cembung. Foto: Dok. Enche tjin
Review kamera Xiaomi Mi 11 UltraLensa Ultrawidenya sangat menyenangkan untuk merekam pemandangan yang sangat luas. Foto: Dok. Enche tjin

Telefoto

Lensa telefoto di kamera ponsel ini tergolong cukup panjang, yaitu ekuivalen 120mm, cukup lumayan untuk subjek yang jauh. Jika kurang panjang bisa di zoom secara digital sampai 10x bahkan 100x.

Untuk hasil fotonya sama baiknya dengan lensa ultra wide, tapi jika kita mulai zoom ke 10x kualitas detail foto akan menurun dan di 100x bisa untuk keadaan darurat karena ketajaman dan detailnya tidak begitu bagus.

Saat memotret dengan zoom 100x juga agak sulit untuk bisa presisi karena sedikit saja ponselnya bergeser maka komposisinya akan berubah cukup jauh. Hasil foto di kondisi gelap terlihat over sharpened.

Dibandingkan dengan modul lensa lainnya, lensa telefoto ini punya bukaan yang lebih kecil, yaitu f/4, sehingga kualitas lensa di kondisi gelap agak sulit karena ISO akan lebih tinggi sehingga gambar jadi kurang detail, atau shutter speed jadi lambat sehingga subjek yang bergerak jadi tidak tajam/blur.

Review kamera Xiaomi Mi 11 UltraReview kamera Xiaomi Mi 11 Ultra. Foto: Dok. Enche tjin
Review kamera Xiaomi Mi 11 UltraKiri: Zoom 5X, Tengah: Zoom 10X, Kanan: Zoom 100X. Foto: Dok. Enche tjin

Kesimpulan

Secara umum, kualitas kamera Xiaomi Mi 11 Ultra ini memang bisa dibilang kamera kelas atas yang dapat menghasilkan hasil yang tajam dan warna yang cerah terutama saat menggunakan kamera utamanya. Untuk modul kamera lainnya kualitas hasil gambarnya juga mendekati, terutama di kondisi cahaya terang. Ketiga kamera memiliki karakter warna yang kurang lebih sama sehingga memudahkan bagi fotografer yang suka membuat seri foto cerita.

Satu hal yang mungkin agak memberatkan sebagai alat foto adalah ukurannya yang relatif besar dan berat dibandingkan ponsel biasa, sekitar 236 gram, dan saat review ini dibuat, harga ponsel ini sekitar Rp17-19 juta tergantung dari kapasitas memory-nya.

(jsn/agt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT