Review Asus Vivobook Ultra 15: Cocok untuk Kerja dan Main

Review Asus Vivobook Ultra 15: Cocok untuk Kerja dan Main

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 26 Agu 2021 08:45 WIB
Asus Vivobook Ultra 15 (K513)
Review Asus Vivobook Ultra 15, Cocok untuk Kerja dan Main Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta -

Asus telah meluncurkan beberapa laptop di lini Vivobook hingga tengah tahun ini. Salah satu varian yang terbaru adalah Vivobook Ultra 15 (K513) yang diluncurkan bulan Juni lalu.

Laptop berukuran 15,6 inch ini dirancang millennial dan Gen Z yang mencari laptop profesional tapi tidak terlalu serius. Seperti apa performanya? Yuk simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

Kesan pertama melihat Vivobook Ultra 15 adalah desainnya yang minimalis. Bagian belakangnya yang terbuat dari metal hanya dihiasi dengan tulisan Asus Vivobook yang diukir.

Laptop ini hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Transparent Silver, Indie Black dan Hearty Gold jadi pengguna bisa memilih varian warna yang sesuai dengan kepribadiannya. Varian yang menyambangi redaksi detikINET sendiri adalah Transparent Silver.

Asus menjagokan portabilitas Vivobook Ultra 15 yang, meski ukurannya bongsor, diklaim tetap nyaman dibawa kemana-mana. Laptop ini memang beratnya hanya 1,7 kg, dan bodinya juga relatif tipis dengan ketebalan 17,9 mm yang seharusnya masih cukup enteng jika harus dibawa kerja sambil berpindah-pindah.

Vivobook Ultra 15 menggunakan keyboard 98-keys, termasuk keyboard numerik di sisi kanannya. Keyboard bergaya chiclet ini berukuran cukup besar dan empuk saat ditekan. Keyboard ini juga dilengkapi dengan backlit yang tingkat kecerahannya bisa disesuaikan.

Asus Vivobook Ultra 15 (K513)Asus Vivobook Ultra 15 (K513) Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Karena laptop ini memiliki tombol numerik, lokasi touchpad-nya pun agak sedikit digeser ke kiri agar bisa sejajar dengan keyboard utamanya dan agar tidak mudah tertekan saat mengetik. Ukuran touchpad-nya terbilang cukup besar dan responsif terhadap sentuhan. Di pojok kanan atas touchpad juga terdapat sensor sidik jari yang juga responsif.

Vivobook Ultra 15 memiliki port dan konektivitas yang cukup lengkap. Di sisi kanan terdapat port HDMI, satu USB 3.2 Type-A, satu USB Type-C, jack audio 3,5 mm dan microSD reader. Sedangkan di sisi kiri terdapat dua USB 2.0 Type-A. Untuk konektivitas nirkabel tersedia Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0.

Di bagian kiri juga terdapat lampu indikator yang akan menyala saat baterai diisi ulang dan akan berubah warna setelah baterai penuh. Untuk pengisian dayanya sendiri, Vivobook Ultra 15 masih menggunakan adaptor AC, bukan lewat USB Type-C.

Asus Vivobook Ultra 15 (K513)Asus Vivobook Ultra 15 (K513) Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Layar

Asus membekali Vivobook Ultra 15 dengan layar IPS berukuran 15,6 inch. Layar berjenis matte ini memiliki resolusi 1920 x 1080 (Full HD) dan viewing angle hingga 178 derajat.

Bezel layarnya cukup tipis di bagian kiri dan kanan, tapi masih cukup tebal di bagian atas dan bawah. Asus mengatakan rasio screen-to-body laptop ini mencapai 85% berkat teknologi NanoEdge Display.

Warna yang ditampilkan terbilang baik, tapi sayangnya visibilitas agak berkurang saat laptop dipakai di luar ruangan bahkan saat tingkat kecerahan sudah dinaikkan hingga maksimal.

Fitur

Asus menyematkan banyak fitur pendukung untuk Vivobook Ultra 15. Untuk menambah keamanan dan privasi, tersedia sensor sidik jari di touchpad yang sudah terintegrasi dengan Windows Hello.

Untuk mendukung work from home, Vivobook Ultra 15 juga memiliki webcam 720p yang kualitasnya seadanya dan mikrofon yang sudah dibekali teknologi AI noise cancelling. Di keyboard juga terdapat tombol yang bisa digunakan untuk mematikan webcam saat tidak digunakan.

Kehadiran audio dari Harman Kardon menambah pengalaman multimedia yang ditawarkan Vivobook Ultra 15. Berkat teknologi ini, speaker laptop mengeluarkan audio yang lebih nge-bass dan lebih cocok untuk menonton film ketimbang mendengarkan lagu.

Selanjutnya: Performa dan kesimpulan...