Review Huawei MatePad 11, Tablet HarmonyOS Rp 7 Jutaan Asyik untuk WFH - Halaman 2

Review Huawei MatePad 11, Tablet HarmonyOS Rp 7 Jutaan Asyik untuk WFH

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 05 Agu 2021 07:20 WIB
Huawei MatePad 11
Huawei MatePad 11. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar

Kendati layarnya menggunakan panel IPS LCD, kualitas layar Huawei MatePad 11 ini tidak berkurang. Warna yang disajikan cukup baik, baik mengerjakan tugas, menonton film streaming ataupun bermain game. Digunakan di luar ruang pun cukup jelas tanpa adanya refleksi di layar.

Bentangannya sendiri 11 inch dengan resolusi 2.560 x 1.600 pixel dan mendukung DCI-P3 color gamut. Bentangan layar ini tidak begitu kecil saat digunakan untuk menggarap tugas, bahkan visibilitasnya masih nyaman ketika menjalan dua aplikasi secara bersandingan.

MatePad 11 ini menjadi tablet pertama Huaweu yang memiliki refresh rate 120Hz. Dengan refresh rate yang begitu tinggi membuat transisi layar atau scrolling jadi lebih mulus.

Huawei MatePad 11Huawei MatePad 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Selain itu penggunaan M-Pencil bakal lebih menyenangkan. Sayangnya kami belum dipinjamkan stylus tersebut jadi tidak menilai pengalaman menulis langsung di atas layar tablet ini.

Soal konsumsi baterai yang boros imbas refresh rate tinggi. Tidak perlu khawatir, Huawei punya opsi yang menyesuaikan secara otomatis refresh rate layar dengan konten yang dibuka.

Ada satu fitur yang diberikan Huawei sangat kami sukai, yakni mode eBook. Ketika diaktifkan, layar seketika berubah menjadi hitam putih kekuningan, sehingga bikin nyaman mata saat membaca ebook di malam hari.


Desain

Tidak ada hal istimewa dari tampilan MateBook 11 ini selain ukurannya yang asik dipegang dengan satu tangan saat membaca ebook. Dimensi 253.8 x 165.3 x 7.25 mm dengan bobot 485g.

Varian MatePad 11 yang bertandang ke detikINET berwarna hitam. Tepiannya dibuat membulat. Tombol volume berada di bagian atas sebelah kiri bersanding dengan lubang mic. Sedangkan tombol power berada di kiri atas dan diberi aksen merah.

USB Type C menjadi satu-satunya port yang dipunyai tablet ini. Huawei turut memberikan slot microSD untuk menambah ruang penyimpan.

Huawei MatePad 11Huawei MatePad 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

MatePad 11 ini unya empat speaker yang dipasang dua di masing-masing sisi. Speaker tersebut diberikan sentuhan Harman Kardon, tak heran suara yang disuguhkan memuaskan telinga saat menonton pertandingan di Olimpiade Tokyo.

Huawei menempatkan kamera belakang di sudut kanan atas. Sementara kamera depannya di letakkan di tengah atas layar (mode landscape). Posisinya sangat pas untuk menunjang video conference.

Aksesori

Selain M Pencil, MatePad 11 ditemani dengan Smart Magnetic Keyboard. Kita hanya cukup tempelkan saja ke bagian belakang tablet, secara otomatis keduanya langsung terhubung.

Case ini punya dua pilihan posisi sesuai keinginan. Huawei turut menempatkan magnet di sana sehingga membuat tablet dapat berdiri kokoh.

Saat digunakan keyboard ini sangat nyaman. Jarak antar tombol pembuat proses pengetikan minim kesalahan dan bisa ngebut.

Huawei MatePad 11Huawei MatePad 11 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Keyboard pun mendukung shortcut yang sama seperti di laptop Windows. Kita pun dapat melakukan pengaturan langsung kecerahan dan volume.

Memang case keyboard tidak memiliki backlight sehingga bakal sulit mengetik di kondisi gelap. Terlepas dari itu, case keyboard ini sendiri ringan, jadi tidak memberikan tambahan bobot baru.

Membawa tablet dan case keyboard bersamaan tidak terasa berat sama sekali, Jadi akan sangat pas menjadi teman kerja mobile setelah PPKM kelar.

Selanjutnya Kamera



Simak Video "Xiaomi 11T Pro, Smartphone Gahar 6 Juta"
[Gambas:Video 20detik]