Review Logitech MX Keys, Keyboard Low Profile Premium

Review Logitech MX Keys, Keyboard Low Profile Premium

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 20 Jun 2021 15:45 WIB
Logitech MX Keys
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Tak banyak brand yang konsisten memproduksi perangkat mouse dan keyboard dalam waktu lama. Logitech adalah salah satunya, dan MX Keys adalah keyboard premium 'terbaru' mereka.

MX Keys memang tak baru-baru amat, pertama dirilis secara global pada 2019, namun baru kali ini mereka membawa keyboard itu secara resmi ke Indonesia. Sebagai produk premium, MX Keys juga dibandrol dengan harga yang premium, yaitu Rp 2,150 juta.

Seperti apa sih rasanya menggunakan keyboard dengan harga semahal ini? Yuk simak ulasan berikut.

MX Keys dirilis untuk dipasangkan dengan mouse MX Master 3, yang sebelumnya pernah kami ulas. Duo dua perangkat ini menawarkan pengalaman produktivitas yang premium dan sangat nyaman.

Desain
Kesan pertama saat memegang keyboard ini adalah bobotnya yang lumayan, hampir sekilo, atau tepatnya 810 gram. Tampaknya bobot seberat ini berasal dari material yang dipakai untuk bodinya, yaitu metal, yang membuatnya juga terasa mewah tak seperti keyboard pada umumnya.

Logitech MX KeysLogitech MX Keys Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Padahal, tak semua bagian bodinya terbuat dari metal. Masih ada yang terbuat dari plastik, namun bodi MX Keys tetap terasa padat dan kokoh. Tombolnya tentu plastik, namun lagi-lagi, tetap terasa mewah.

Meski plastik, tombolnya ini juga terasa agak empuk, hampir seperti karet (tapi bukan). Bentuk tombolnya persegi, namun ada bulatan di bagian tengahnya. Sangat nyaman!

Logitech MX KeysLogitech MX Keys Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Perlu diingat, ini bukan keyboard mekanik. Namun bukan berarti tombolnya tak enak saat dipencet. Tombol-tombolnya yang low profile ini memberikan 'pantulan' yang terasa nyaman saat dipakai mengetik dalam waktu lama.

Logitech MX KeysLogitech MX Keys Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Pada bagian atas keyboard ada tombol power dan juga port USB-C untuk mengisi dayanya. Pilihan port yang bagus, mengingat hampir semua perangkat sekarang sudah menggunakan USB-C. Jadi anda tak perlu menyimpan banyak kabel berbeda untuk mengisi daya keyboard ini.

Logitech MX KeysLogitech MX Keys Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Baterainya ini diklaim bisa bertahan 10 hari dengan kondisi backlight menyala, dan 5 bulan dengan kondisi backlight mati. Kami menggunakan keyboard ini selama 2 hari dan belum terlihat ada pengurangan daya saat dilihat dari software Logitech Option. Tampaknya klaim 5 hari ini memang benar adanya.



Simak Video "Mi 11 Ultra, Sang Penantang Flagship Samsung dan iPhone"
[Gambas:Video 20detik]