Review UGREEN 10in1 USB-C Multifunction Adapter

Review UGREEN 10in1 USB-C Multifunction Adapter

Rachmatunnisa - detikInet
Kamis, 17 Jun 2021 19:01 WIB
Review UGREEN 10in1 USB-C Multifunction Adapter
Review UGREEN 10in1 USB-C Multifunction Adapter. Foto: Rachmatunnisa
Jakarta -

Kebutuhan akan koneksi port semakin berkembang. Sebanyak apapun port di laptop, seringkali terasa kurang karena semuanya terpakai. Nah, adapter multifungsi seharusnya bisa menjawab keresahan ini.

Produsen aksesoris gadget UGREEN, menawarkan solusi lewat produknya USB-C Multifunction Adapter model CM179. Mari kita lihat apa saja yang bisa dilakukan dengan adapter ini.

Review UGREEN 10in1 USB-C Multifunction AdapterFoto: Rachmatunnisa

Kelengkapan

Saat membuka kotak kemasan, kita mendapatkan satu unit USB-C adapter dengan kabel USB-C bawaan untuk menghubungkan ke laptop, dan buku manual. Kemasannya tidak terlalu besar, karena unit adapternya sendiri punya ukuran yang cukup mungil.

Desain

Bentuk adapter ini persegi panjang dan membulat pada sisinya. Seperti sudah disebutkan sebelumnya, adapter ini ukurannya cukup kecil dalam genggaman tangan. Build quality adapter bagus, warna abu-abu yang membalut bodinya memunculkan kesan stylish, seperti terbuat dari bahan metal sehingga orang akan mengira benda ini berat. Nyatanya, perangkat ini sangat ringan.

Spesifikasi

Sebelum lanjut ke unit adapter, detikINET terlebih dahulu sudah mengecek port apa saja yang disediakan adapter hub ini melalui keterangan spesifikasi pada kemasan. Di sana tertera ada 10 port, sebanyak itu?

Setelah dicek langsung pada adapternya, ternyata memang adapter multifungsi UGREEN model CM179 ini berlimpah port. Mulai dari USB-A, HDMI, SD card, hingga colokan untuk audio. Wah, lengkap banget. Berikut ini daftar lengkap port di UGREEN 10in1 USB-C Multifunction Adapter:

- 3 USB- A (3.0)
- 1 HDMI
- 1 VGA
- 1 Ethernet
- 1 SD card input
- 1 MicroSD card input
- 1 3.5mm headphone jack
- 1 Type-C Power Delivery (PD) 3.0 untuk mengisi ulang baterai laptop

Penggunaan

Selanjutnya, mari kita cek langsung masing-masing port pada bodi adapter. Pada sisi ini terdapat lampu LED indikator,tiga port USB 3.0, dan jack audio 3,5 mm.

Review UGREEN 10in1 USB-C Multifunction AdapterFoto: Rachmatunnisa

Lalu di sisi sebaliknya, ada port Ethernet, VGA, dan HDMI. Port VGA akan sangat membantu pemilik perangkat lama yang monitor PC-nya cuma tersedia VGA.

Review UGREEN 10in1 USB-C Multifunction AdapterFoto: Rachmatunnisa

Di sisi selanjutnya, terdapat slot SD card dan micro SD card dengan kecepatan transfer data hingga 104MB/detik.

Review UGREEN 10in1 USB-C Multifunction AdapterFoto: Rachmatunnisa

Pada sisi terakhir, ditempatkan kabel USB-C yang menghubungkan adapter dengan laptop, dan satu port USB-C untuk mengisi ulang baterai laptop. Benar, semuanya ada 10 port dalam satu adapter.

Review UGREEN 10in1 USB-C Multifunction AdapterFoto: Rachmatunnisa

UGREEN 10in1 USB-C Multifunction Adapter sangat mudah digunakan. Perangkat ini mendukung plug and play, langsung dikoneksikan saja, jadi tidak perlu driver tambahan.

Semua port bekerja dengan baik. Sebagai informasi, adapter ini direkomendasikan UGREEN sebagai "Best Accessories for the New Apple Lineup". Meski demikian, laptop apapun dengan port USB-C bisa menggunakan adapter ini.

Dalam keterangan spesifikasi, disebutkan bahwa UGREEN 10in1 USB-C Multifunction Adapter mendukung perangkat dengan sistem operasi Mac OS, iOS, Windows 10/8.1/8/7/XP, dan Android.

Dalam penggunaan adapter ini, detikINET mencobanya menggunakan tiga jenis laptop dari merek berbeda: MacBook Air M1 (2020), Dell Inspiron 5370, dan HP Envy 14.

Hanya dengan satu koneksi kabel yang terhubung dengan adapter, kita bisa mengubah laptop menjadi workstation di rumah dengan mudah. Keyboard, mouse, USB flash drive, flash media card, kabel LAN, HDMI, hingga kabel untuk audio semuanya dengan mudah terkoneksi ke hub.

Kita bisa langsung bekerja mengakes file, mendapatkan koneksi cepat lewat port Gigabit Ethernet, melihat tayangan resolusi tinggi hingga kualitas 4K di TV atau monitor yang lebih besar, menikmati audio dengan kualitas yang baik, tak lupa sambil mengisi ulang baterai laptop lewat port Power Delivery 3.0.

Kalau kerjaan sudah selesai, tinggal copot kabel yang terhubung ke laptop. Sangat mudah dan simpel. Adapter ini cocok untuk penggunaan di rumah, kantor, maupun untuk bepergian karena ukurannya ringkas dan ringan sehingga mudah dibawa-bawa.

Review UGREEN 10in1 USB-C Multifunction AdapterFoto: Rachmatunnisa

Harga

Dengan semua fitur yang sudah dibahas di atas, UGREEN 10in1 USB-C Multifunction Adapter dibanderol di kisaran Rp 900 ribuan, tersedia di official store UGREEN di Lazada dan Shopee. Pembelian produk tentunya didukung garansi resmi dari UGREEN.

Opini detikINET

Dengan 10 port di dalam satu perangkat, tentunya UGREEN 10in1 USB-C Multifunction Adapter sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan koneksi port yang bisa dipakai secara bersamaan sekaligus.

Dengan ukurannya yang ringkas, hub adapter ini mudah dibawa jika harus bepergian. Tak puas hanya memenuhi kebutuhan port USB-A yang paling sering dipakai sehari-hari, hub adapter ini menawarkan lebih banyak dari itu sehingga pengguna juga bisa menikmati video 4K menggunakan port HDMI, dan audio berkualitas lewat 3.5mm jack audio. Lengkap!



Simak Video "Wujud iPad Mini 6 yang Kini Pakai Port USB-C"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/afr)