Review Redmi Note 10S, Pengisi Celah Harga yang Sempit - Halaman 2

Review Redmi Note 10S, Pengisi Celah Harga yang Sempit

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 08 Jun 2021 08:12 WIB
Redmi Note 10S
Xiaomi Redmi Note 10S. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar
Sama seperti dua saudaranya, Redmi Note 10S menggunakan layar Super AMOLED dengan ukuran 6,43 inch FHD+. Layar ini menawarkan pengalaman pengguna yang mewah, baik untuk menonton video, bermain game, atau sekadar penggunaan HP sehari-hari.

Layarnya cukup terang untuk dipakai di luar ruangan dalam kondisi terik. Tak suka saturasi warna yang berlebihan (warna terlalu ngejreng)? Tenang, bisa dengan mudah diatur sesuka hati dari pengaturan HP. Oh ya, layarnya dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 3.

Namun jika dibandingkan dengan Redmi Note 10 Pro, layarnya ini memang punya satu kekurangan, yaitu refresh rate-nya hanya 60Hz, bukan 120Hz.

Performa
Mungkin banyak yang memandang sebelah mata system on a chip (SoC) yang dipakai di Redmi Note 10S, yaitu Mediatek Helio G95. Namun sebenarnya Helio G95 ini adalah chip yang mumpuni, bahkan untuk bermain game.

Dipasangkan dengan RAM 6GB LPDDR4X dan storage UFS 2.2 yang relatif kencang, performa Redmi Note 10S terbilang kencang untuk ponsel di kelasnya. Terlebih lagi MIUI yang dipakai adalah MIUI 12.5.

Menjalankan MIUI 12.5 yang lebih ringan dibanding MIUI 12 membuat Redmi Note 10S terasa sangat kencang untuk penggunaan sehari-hari. Dipakai bermain game pun HP ini terasa kencang, tentu tergantung game yang dimainkan.

Call of Duty: Mobile misalnya, bisa dimainkan dengan pengaturan maksimal dengan lancar tanpa terasa adanya frame drop. Namun tentunya kondisinya berbeda dengan Genshin Impact, yang baru bisa dimainkan dengan agak lancar pada pengaturan paling rendah.

Saat bermain game selama lebih dari 30 menit, bodi ponsel terasa cukup hangat, terutama di bagian sebelah kamera belakang.

Baterai Redmi Note 10S berkapasitas 5000 mAh, dan bisa diisi lewat charger 33W yang tersedia dalam paket penjualan. Dengan penggunaan normal seperti WhatsApp, Gmail yang berisi tiga alamat email, media sosial, dan sesekali menonton video di YouTube, baterainya ini nyaris bertahan selama dua hari penuh.

Tentu jika dipakai bermain game terus menerus, ketahanan baterainya tak akan selama itu. Namun tenang saja, karena pengisian dayanya terbilang cepat, sekitar 1,5 jam dari kosong sampai penuh.

Di bawah ini adalah hasil dari beberapa benchmark yang kami lakukan, yaitu menggunakan AnTuTu dan Geekbench 5.

Benchmark Redmi Note 10SHasil Geekbench 5 Redmi Note 10S Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Benchmark Redmi Note 10SHasil AnTuTu Redmi Note 10S Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Kamera dan kesimpulan ada di halaman selanjutnya.