Review Poco F3, Terlalu Murah! - Halaman 2

Review Poco F3, Terlalu Murah!

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 14 Mei 2021 19:15 WIB
Poco F3
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Desain
Saat pertama dipegang, bodi F3 sama sekali tak terlihat seperti HP di kelas Rp 5 jutaan. Terasa mewah. Baik depan dan belakangnya dibalut oleh kaca. Pinggirannya memang plastik, namun yang berkualitas tinggi dan terasa seperti metal.

Poco F3Poco F3 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Bahkan 'lubang' untuk kamera depannya pun sangat kecil, bahkan lebih kecil dibanding beberapa HP flagship. Namun memang jika ditilik lebih jauh terlihat 'celah' yang dimanfaatkan oleh Xiaomi untuk menghadirkan produk dengan harga semurah ini.

Contohnya kaca yang dipakai adalah Gorilla Glass 5, yang meski tetap berkualitas, bukanlah produk terbaru dari Corning. Juga bezel layar datarnya yang tak tipis-tipis amat, berbeda dengan HP yang benar-benar flagship dengan harga berlipat lebih mahal.

Poco F3Poco F3 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Namun semua itu tak membuat bodi F3 terasa seperti HP murahan, dan tetap terasa premium. Mungkin kelemahan paling terasa ada pada bodi belakangnya yang mengkilap sangat mudah 'menyimpan' noda sidik jari. Solusinya? Pakai casing, dan dalam paket penjualannya pun disertakan casing silikon bening.

Layar
Bagian ini adalah salah satu nilai jual utama F3. Layar 6,67 inch-nya sangat terang, diklaim mencapai 1300 nits. Warna yang ditampilkan menawan, dan perlu diingat ini adalah panel Super AMOLED E4 yang punya refresh rate 120Hz.

Poco F3Poco F3 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Alhasil animasi yang ditampilkan di layar terasa sangat mulus. Namun sayangnya Xiaomi hanya memberikan opsi pengaturan refresh rate 60Hz dan 120Hz, bukan adaptive seperti di beberapa HP lain.

Selain menghasilkan warna-warna yang menawan, layar ini juga sangat responsif untuk bermain game, karena punya touch sampling rate 360Hz.

Kamera
Kamera memang bukan salah satu sektor yang ditonjolkan di HP Poco, begitu juga di F3. Namun bukan berarti kualitas kameranya jelek, melainkan setara dengan HP lain di kelas harga ini.

Poco F3Poco F3 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Di kondisi terang, hasilnya cukup memuaskan dan di kondisi gelap kualitasnya cukup menurun. Oh ya, kamera belakangnya ada tiga, kamera utama 48MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera telemacro 5MP. Lalu kamera depan 20MP.

Namun yang unik, kamera telemacronya bisa menghasilkan foto yang lumayan -- tak sebagus kamera utama memang. Padahal kamera dengan embel-embel macro inilah yang biasanya 'dikorbankan' oleh pabrikan HP untuk menekan harga.

Di bawah ini adalah hasil jepretan kamera belakang Poco F3.

Review Poco F3Hasil kamera utama Poco F3 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Review Poco F3Hasil kamera utama Poco F3 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Review Poco F3Hasil kamera ultrawide Poco F3 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Review Poco F3Hasil kamera utama Poco F3 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Review Poco F3Hasil kamera macro Poco F3 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Pembahasan performa Poco F3 ada di halaman berikutnya.



Simak Video "Mi 11 Ultra, Sang Penantang Flagship Samsung dan iPhone"
[Gambas:Video 20detik]