Review Poco X3 Pro: Paling Kencang di Kelas Rp 3 Jutaan

Review Poco X3 Pro: Paling Kencang di Kelas Rp 3 Jutaan

Galih Prasetyo - detikInet
Rabu, 12 Mei 2021 18:10 WIB
Unboxing Poco X3 Pro
Poco X3 Pro. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Xiaomi merilis HP baru dari sub-brand mereka Poco yakni Poco X3 Pro. Smartphone penerus Poco X3 NFC ini ditawarkan dengan harga yang menggiurkan yakni Rp 3 jutaan.

Dengan harga mulai Rp 3 Jutaan, Poco X3 Pro menawarkan sesuatu yang lebih untuk handphone kelas menegah mulai dari dukungan Snapdragon 860, layar dengan refresh rate 120Hz hingga sertifikat IP53 yang tahan debu dan cipratan air.

detikINET akan me-review unit Poco X3 Pro dengan RAM 8 GB dan storage 256GB. Seperti apa performanya? Berikut reviewnya:

Desain

Poco X3 Pro mengusung desain dual texture pada bagian belakang, Poco menyebutnya dengan desain 'Reflective Chrome'. Area tengah terdapat logo Poco yang akan memantulkan warna pelangi ketika terkena cahaya, sementara area samping menggunakan 'metalic texture'.

Unboxing Poco X3 ProPoco X3 Pro Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Kamera belakangnya ada empat, dirangkai secara simetris dan unik dengan satu flash LED. Secara keseluruhan desain bagian belakang tidak berbeda dengan pendahulunya Poco X3 NFC.

Unboxing Poco X3 ProPoco X3 Pro Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Poco memberikan tiga pilihan warna untuk X3 Pro, yakni Frost Blue, Phantom Black dan Metal Bronze. Unit yang diterima detikInet berwarna Metal Bronze

Pada sisi kanan terdapat tombol power yang digabungkan dengan sensor sidik jari serta tombol volume up dan down. Sedangkan di sisi kiri terdapat slot kartu SIM yang mendukung penggunaan SIM pada slot 1 dan Hybrid (SIM atau Micro SD) pada Slot 2.

Poco X3 Pro dibekali dual speaker di bagian atas dan bawah. Selain speaker, di sisi bawah terdapat mic, jack audio 3.5mm dan port USB Type C.

Di sisi atas terdapat speaker serta IR Blaster yang berfungsi sebagai remote untuk perangkat elektronik seperti TV dan AC.

Memiliki dimensi 165,3 x 76,8 x 9,4 mm dengan bobot 215 gram, HP ini cukup berat dan agak licin jika digenggam tanpa casing tambahan, untungnya Poco telah menyediakan casing tambahan pada box.

Unboxing Poco X3 ProPoco X3 Pro Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Layar Poco X3 Pro menggunakan panel IPS berukuran 6.67 inch, FHD+ DotDisplay dengan resolusi 2400 x 1080 pixel, rasio 20:9, refresh rate bawaan 60Hz yang bisa diubah di settingan menjadi 120Hz dengan touch sampling rate hingga 240Hz.

Layarnya mendukung fitur Dynamic Switch yang akan menyesuaikan refresh rate mulai dari 50Hz-120Hz sesuai penggunaan. Layarnya pun sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 6. Poco X3 Pro juga telah dilengkapi sertifikat IP53 yang tahan cipratan air dan debu.

Performa dan fitur ada di halaman berikutnya