Review Huawei Band 6, Layar Lebih Lapang Fitur Makin Lengkap

Review Huawei Band 6, Layar Lebih Lapang Fitur Makin Lengkap

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 07 Mei 2021 07:15 WIB
Huawei Band 6
Huawei Band 6. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Pertengahan April lalu, Huawei membawa gelang pintar anyarnya ke Indonesia. Perangkat tersebut bernama Huawei Band 6, sederet peningkatan diberikan dari generasi sebelumnya.

Tapi pertanyaannya, apakah peningkatan tersebut membuat Huawei Band 6 menarik? Sebab produk kompetitor tidak kalah memikat dengan fitur yang dibawanya.

Menjawab pertanyaan itu, detikINET pun menjajal gelang pintar terbaru Huawei ini dalam beberapa pekan. Hasilnya tertuang dalam review singkat berikut ini:

Layar Lapang

Tampilan Huawei Band 6 berbeda dari pendahulunya. Bodinya lebih besar lantaran gelang pintar ini membawa layar yang lebih lapang.

Ukurannya 1,47 inci atau 148% lebih besar dari layar milik Huawei Band 4. Sehingga tidak perlu membuka ponsel ketika ada notifikasi WhatsApp, karena isi pesan dapat dibaca seluruhnya lewat layar Huawei Band 6 ini.

Huawei Band 6Huawei Band 6 menampilkan pesan secara lengkap. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Demikian pula informasi lainnya dapat ditampilkan lebih banyak. Ini benar-benar meningkatkan pengalaman menggunakan gelang pintar dari sebelumnya.

Dan berkat penggunaan panel AMOLED dengan resolusi 194×368 pixel, bikin informasi tadi ditampilkan dengan jelas dan tajam.

Kendati body Huawei Band 6 lebih besar, tak membuat bobotnya ini jadi berat. Sebaliknya begitu ringan layaknya menggunakan gelang pintar pada umumnya.

Strapnya sendiri berbahan silicon, begitu nyaman saat dikenakan di pergelangan tangan. Strap tersebut bisa dilepas dan digonta-ganti dengan warna lain yang diinginkan.

Saat dijual Huawei menyediakan empat pilihan warna, yakni Amber Sunrise, Sakura Pink, Graphite Black dan Forest Green yang detikINET review. Huawei pun memberikan banyak face watch sehingga bisa disesuaikan dengan style pengguna.

Huawei Band 6Huawei Band 6 Forest Green. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kaya Fitur

Huawei Watch 6 dapat terhubung dengan ponsel Android maupun iPhone. Cukup menginstal aplikasi Huawei Health dan menghubungkannya dengan Bluetooth.

Untuk pengoperasiannya bebas ribet. Cukup geser ke kiri atau kanan untuk mengakses layar utama dengan cepat.

Kita pun tinggal usap ke bawah untuk menampilkan menu pengaturan, atau swipe ke bawah bila ingin melihat notifikasi. Selain itu cukup menekan tombol samping untuk menampilkan daftar semua fitur.

Nah bicara fitur yang dimiliki gelang pintar ini sangat lengkap. Dengan Huawei Band 6, kita dapat pemantauan detak jantung 24/7 dan akan muncul peringatan jika terjadi ketidaknormalan.

Huawei Band 6Huawei Band 6 punya pemantau kadar oksigen dalam darah. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ada pula pemantau kualitas tidur, SpO2 untuk melacak kadar oksigen dalam darah, fitur memonitor stres, dan pelacakan siklus menstruasi.

Tidak ketinggalan Huawei Band 6 punya 96 mode latihan, termasuk berlari, berjalan, bersepeda, berenang dan skipping. Dengan ketahanan air hingga 5ATM membuat gelang pintar ini bisa diajak ke aktivitas dalam air.

Pengguna dapat melihat data latihan secara real time. Huawei Band 6 secara independen dapat merekam data latihan yang berbeda, seperti jarak lari, waktu, kecepatan, trek, kalori yang terbakar, dan lain-lain.

Baterai Tahan lama

Jajaran wearable device Huawei punya keunggulan di baterai. Huawei Band 6 ini diklaim dapat bertahan 2 minggu pemakaian saat baterai terisi penuh.

Huawei Band 6Huawei Band 6. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kenyataannya itu tidak terbukti saat detikINET gunakan. Baterai gelang pintar ini sudah meminta untuk diisi ulang di hari ke-11 penggunaan.

Pun begitu, ini tergolong cukup lama untuk ukuran gelang pintar dengan layar lapang dan intensitas notifikasi yang begitu sering.

Untuk isi ulangnya, Huawei memberikan charger magnetik yang mudah digunakan. Hanya butuh waktu kurang dari 1 jam untuk mengisi dari 0% hingga penuh.

Opini detikINET

Huawei Band 6 membawa layar yang lapang sehingga informasi dapat ditampilkan secara lengkap. Bobotnya yang ringan, hanya 18 gram, bikin nyaman saat digunakan 24 jam.

Kemampuan gelang pintar ini tidak hanya menampilkan notifikasi pesan maupun telpon dari ponsel. Lebih dari itu banyak fitur yang sebelumnya hanya dimiliki oleh smartwatch.

Huawei Band 6Huawei Band 6 memantau detak jantung 24/7 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kita dapat memantau detak jantung, kadar oksigen dalam darah, tingkat stres bahkan pelacakan siklus menstruasi untuk kaum hawa. Huawei Band 6 ini dapat menjadi teman untuk hidup sehat dengan tersedianya 96 mode latihan.

Pengguna pun tidak perlu repot harus mengisi ulang baterai tiap hari. Karena daya tahan baterai gelang pintar ini cukup panjang.

Paling menariknya untuk mendapatkan semua keunggulan tadi, kita tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Karena Huawei Band 6 ini dibanderol murah, hanya Rp 699.000.



Simak Video "Jaga Badan Tetap Bugar dengan Huawei Band 6"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)