ThinkPad T14s Gen 1 AMD Ryzen Pro 4750U: Ringan dan Kencang

ThinkPad T14s Gen 1 AMD Ryzen Pro 4750U: Ringan dan Kencang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 23 Apr 2021 06:45 WIB
Lenovo ThinkPad T14s Gen 1
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Laptop tangguh bukan berarti tak bisa tampil seksi. Hal itu dibuktikan oleh Lenovo ThinkPad T14s Gen 1. Seri laptop ThinkPad dikenal dengan desainnya yang kaku, namun ciri khas ini mampu dipertahankan dengan baik ketika dipaksa mengikuti tren kekinian.

ThinkPad T14s Gen 1 hadir dengan desain khas yang kotak, tapi terlihat elegan. Siapa pun yang melirik pasti langsung paham kalau laptop ini ditujukan bagi pengguna yang tak mau kompromi dengan performa. Menariknya lagi, perangkat ini pun sangat ramah di bawa-bawa alias ringan.

Meski ringan, ketangguhan seri laptop ThinkPad tak perlu diragukan. Kesan solid yang ditawarkan jauh dari kesan ringkih, menjadikan laptop ini tidak manja dipakai dalam banyak kondisi. Untuk membuktikannya, simak review yang telah dilakukan pada laptop bertenaga AMD Ryzen Pro 4750U berikut ini.

Desain kalem yang khas

Sejatinya mudah mengenali tampilan seri laptop ThinkPad yang identik dengan warna khas hitam doff dan bodi mengotak. Begitu juga Lenovo ThinkPad T14s Gen 1 ini. Namun yang bikin cukup terkagum adalah bobotnya yang ternyata ringan, cuma 1,2 kg!

Kesan laptop tangguh yang identik dengan bobot berat pun sirna ketika mengangkat laptop ini. Kelebihan ini pastinya diidamkan oleh penggila ThinkPad atau pengguna yang menginginkan laptop tangguh, tapi seringan laptop lifestyle.

Sentuhan yang solid juga terasa pada semua bagian laptop ini, terutama bila melihat build quality yang ditawarkan. Tapi jangan berharap material metal, karena ThinkPad T14s Gen 1 sepenuhnya dibalut material polycarbonate yang dianggap lebih tahan banting.

Lenovo ThinkPad T14s Gen 1Lenovo ThinkPad T14s Gen 1 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Saat laptop dibuka, pengguna akan langsung dihadapkan dengan bingkai layar yang cukup tebal. Tapi kekurangan ini akan langsung dilupakan setelah merasakan fitur finger print pada layarnya.

Ya, layarnya yang seluas 14 inci memiliki fitur finger print. Jadi lebih mudah bagi penggunanya untuk mengakses aplikasi atau menu pada layar. Di samping itu, tampilan layar ThinkPad T14s Gen 1 ini juga memanjakan mata.

Beralih ke keyboard, tampilannya tidak istimewa. Namun tombol-tombolnya terasa gegas, sehingga sangat ideal untuk mengetik cepat. Sementara kehadiran trackpoint di tengah keyboard menjadi penegas sebuah ThinkPad.

Lenovo ThinkPad T14s Gen 1Lenovo ThinkPad T14s Gen 1 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Bagian trackpad laptop ini cukup besar yang memberikan kenyamanan dan keleluasaan ketika digunakan. Yang terlihat agak aneh adalah posisi finger print yang seakan kurang estetik.

Oh ya, ada satu hal sepele tapi penting pada ThinkPad T14s Gen 1 ini. Untuk menghindari penyalahgunaan akses terhadap kamera depan, perangkat ini menyediakan penutup pada kamera depan yang bisa dengan mudah dibuka-tutup hanya dengan menggesernya.

Layar nyaman

ThinkPad T14s Gen 1 hadir dengan bentang layar 14 inci. Resolusinya full HD (1.920 x 1.080 pixel) dengan rasio 16:9. Tingkat kecerahan layar ini mencapai 400 nits, sehingga menjanjikan tampilan yang tajam tapi tetap nyaman di mata meski dipandang dalam waktu lama.

Tapi bagian menariknya tentu fitur finger print yang dimiliki. Respon sentuhannya sangat baik dan mudah digunakan. Sayangnya, layar ini tak bisa dilipat sampai ke belakang untuk menjadi seperti tablet. Jadi rasanya aneh saat menggunakan mode tablet di Windows 10 tapi layarnya berdiri.

Hal menarik lainnya adalah sebuah fitur bernama Privacy Guard. Jadi fitur ini seperti lapisan anti-spy di layar ponsel. Ketika fitur Privacy Guard diaktifkan dengan menekan tombol Fn+D, tampilan layar ThinkPad T14s Gen 1 ini akan berangsur menggelap dan hanya bisa dilihat dengan baik dari depan layar. Orang yang melihat isi layar dari samping laptop akan terhalang dengan tampilan yang cenderung gelap.