Review Realme Narzo 30A, HP Rp 1 Jutaan Baterainya Awet Seharian

Review Realme Narzo 30A, HP Rp 1 Jutaan Baterainya Awet Seharian

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 22 Mar 2021 07:45 WIB
Realme Narzo 30a
Realme Narzo 30A, HP Rp 1 Jutaan Baterainya Awet Seharian Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Realme Narzo 30A jadi ponsel pertama yang diluncurkan Realme di Indonesia tahun ini. Ponsel entry level ini mengunggulkan baterai yang besar dan chipset Mediatek Helio G85 yang cocok untuk gaming dengan harga Rp 1 jutaan.

Lantas bagaimana performanya dalam penggunaan sehari-hari? Apakah harganya yang terjangkau membuat Realme Narzo 30A worth it? Yuk simak ulasan berikut ini.

Desain

Seperti ponsel entry level kebanyakan, Realme Narzo 30A memiliki bodi yang dibalut dengan plastik. Tapi Realme memberi beberapa sentuhan yang membuat desainnya lebih menonjol.

Dua pertiga bagian belakangnya dihiasi dengan garis-garis diagonal yang sekilas terlihat bergelombang. Bagian ini juga memiliki tekstur bergaris yang membuat ponsel tidak licin dan lebih mantap digenggam.

Bodi ponsel ini cukup tebal dan berat karena harus memuat baterai yang besar. Tapi ponsel ini tetap nyaman digenggam berkat desain bingkai ponsel yang dibuat melengkung.

Kamera belakang Realme Narzo 30A disusun dalam modul berbentuk kotak yang jika dilihat sekilas terdiri dari tiga kamera belakang dan satu flash. Tapi desain ini cukup mengecoh karena sebenarnya ponsel ini hanya memiliki dua kamera belakang, dan lingkaran satunya lagi adalah dummy dengan tulisan 'AI'.

Realme Narzo 30aRealme Narzo 30a Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Di bagian belakang ponsel juga terdapat sensor sidik jari yang kerjanya cukup responsif. Ada baiknya posisi sensor sidik jari ini sedikit diturunkan agar lebih mudah dijangkau oleh pengguna dengan jari yang pendek.

Realme menempatkan tombol power dan volume di sisi kanan, serta slot kartu SIM dan microSD di sisi kiri. Di bagian bawah ponsel terdapat port USB-C, speaker dan headphone jack 3,5 mm.

Layar

Layar Realme Narzo 30A menggunakan desain notch tetesan air untuk menempatkan kamera depannya. Layarnya pun cukup lapang dengan diagonal 6,5 inch dan rasio 20:9, meski memiliki bezel yang cukup tebal di bagian bawah.

Dengan resolusi layar HD+, Realme Narzo 30A bisa menampilkan konten video dengan kualitas seadanya. Kualitas video YouTube mentok di 1080p dan Netflix hanya bisa memutar video berkualitas SD.

Untuk melengkapi pengalaman multimedia, ponsel ini dilengkapi dengan satu speaker di bagian bawah. Kualitasnya cukup memuaskan, walau agak sedikit cempreng begitu volume video atau musik dibesarkan.