Review Realme Narzo 30A, HP Rp 1 Jutaan Baterainya Awet Seharian - Halaman 2

Review Realme Narzo 30A, HP Rp 1 Jutaan Baterainya Awet Seharian

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 22 Mar 2021 07:45 WIB
Realme Narzo 30a
Realme Narzo 30A, HP Rp 1 Jutaan Baterainya Awet Seharian Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa

Realme Narzo 30A menggunakan chipset Mediatek Helio G85 yang ditujukan untuk gaming. Unit yang kami review dilengkapi dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Kalau masih kurang tersedia slot microSD yang mendukung hingga 256GB.

Untuk menguji jeroan ini, kami mencoba memainkan dua game yaitu PUBG Mobile dan Genshin Impact. Memainkan PUBG Mobile hanya bisa dengan grafis HD dan frame rate High, tapi game ini bisa dimainkan dengan lancar dan tanpa lag

Lain halnya saat memainkan Genshin Impact. Bahkan dengan kualitas grafis paling rendah game terasa sangat berat dan sering terjadi stuttering. Hal ini sebenarnya wajar karena Genshin Impact membutuhkan spesifikasi yang tinggi agar bisa dimainkan dengan optimal.

Tapi secara keseluruhan, performa Realme Narzo sudah cukup untuk kegiatan sehari-hari. Multitasking dan berpindah aplikasi bisa dilakukan dengan mulus.

Kami juga menguji Realme Narzo 30A di aplikasi benchmark untuk melihat performanya di atas kertas. Berikut hasil pengujian di aplikasi AnTuTu, Geekbench dan PCMark.

Hasil foto dan benchmark Realme Narzo 30AHasil uji benchmark Realme Narzo 30A Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Untuk mendukung kinerjanya, Realme narzo 30A dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas besar yaitu 6.000 mAh. Dalam pengujian, daya tahan baterai ini sangat luar biasa dan sulit dihabiskan dalam sehari.

Baterai yang masih penuh di pagi hari masih tersisa sekitar 40% di malam hari setelah digunakan untuk menonton video, main game dan mengakses media sosial.

Mengisi ulang baterai bisa dilakukan dengan pengisian cepat 18W. Karena kapasitas baterai yang besar, durasi pengisian memakan waktu cukup lama sekitar 2,5 jam. Tapi untungnya baterai yang besar ini membuat ponsel tidak perlu sering diisi ulang.

Realme Narzo 30A menjalankan sistem operasi Android 10 yang dibalut Realme UI. Antarmuka ini mudah dioperasikan dan memiliki banyak fitur bermanfaat, termasuk Super Power Saving Mode yang bisa menghemat daya secara ekstrem dengan membatasi fitur ponsel.

Sayangnya, ponsel ini memuat banyak aplikasi bawaan yang beberapa di antaranya sering menghadirkan notifikasi yang mengganggu setiap hari. Beberapa aplikasi bawaan ini ada yang bisa dihapus, tapi ada juga yang tidak. Untungnya untuk aplikasi yang notifikasinya bawel bisa di-mute dengan mudah.