Review Xiaomi Mi 10T Pro: Paket Komplit

Review Xiaomi Mi 10T Pro: Paket Komplit

Josina - detikInet
Rabu, 30 Des 2020 07:50 WIB
Xiaomi Mi 10T Pro
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Xiaomi belum lama ini meluncurkan ponsel anyarnya yakni Mi 10T dan Mi 10T Pro. Keduanya pun merupakan ponsel flagship ke-3 yang hadir di Indonesia. Series ini digadang-gadang sebagai HP flagship entertainment terbaik.

Selama dua pekan ini detiKINET pun berkesempatan untuk menjajal kemampuan Mi 10T Pro dengan varian warna Lunar Silver di mana RAM/ROM sebesar 8GB/256GB yang dijual dijual dengan harga Rp 6,9 juta.

Beragam fitur keren ditawarkan dari Mi 10T Pro ini mulai dari sensor kamera 108MP, layar IPS yang punya refresh rate 144Hz dan teknologi Adaptive Sync.

Bagaimana kemampuannya? Simak ulasan detikINET berikut ini.

Desain

Bongsor dan berisi, begitu kesan pertama detiKINET saat menggenggam Mi 10T Pro yang memiliki bentang layar 6,67 inch dengan ukuran dimensinya 65.1 mm x 76.4mm. Meski layar dan bodinya terbilang besar, Mi 10T Pro terasa cukup nyaman di genggaman karena pinggiran bodinya yang melengkung.

Mi 10T Pro sudah berbalut kaca Corning Gorilla Glass 5 dan bagian framenya dilapisi bahan metal. Warna Lunar Silver yang mengkilap juga memberikan kesan mewah namun sayangnya bekas jari mudah menempel.

Desain Mi 10T Pro memiliki sudut membulat, tampilan layar depannya terdapat punch hole di sisi kiri atas layar tempat kamera depan. Penempatan ini meski kecil namun sebenarnya cukup mengganggu pandangan tapi bisa disembunyikan. Selain itu ada juga lubang earpiece yang kasat mata.

Xiaomi Mi 10T ProReview Xiaomi Mi 10T Pro. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Pada bagian sisi samping kanan terletak tombol pengaturan volume suara dan di bawahnya ada tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. Lalu bagian sisi ponsel terdapat lubang speaker, port USB-C, dan slot kartu SIM.

Di sini Xiaomi menghilangkan ketersediaan slot MicroSD maupun headphone jack sehingga diberikan adaptor USB C to audio 3,5mm. Pada bagian atas terdapat Mic, Infrared Blaster yang bisa digunakan sebagai remote serta ada juga lubang speaker. Jadi perangkat ini memiliki dua speaker stereo dengan sertifikasi Hi-Res Audio.

Beralih ke tampilan belakang terdapat empat kamera dan lampu flash yang disusun memanjang ke bawah, sayangnya dengan tebalnya tonjolan kamera ini membuat ponsel tak bisa diletakkan secara rata di meja.

Ponsel ini memiliki bobot seberat 218 gram serta ketebalan layar 9,3 mm apalagi akan semakin berat jika menggunakan casing silikon yang diberikan Xiaomi pada paket penjualannya yang diklaim sebagai anti bakteri.

Layar

Mi 10T Pro mengusung layar LCD 6,67 inch dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate adaptif, dari mulai 30Hz sampai 144Hz. Dengan menggunakan layar IPS yang punya refresh rate 144Hz artinya animasi di layar Mi 10T Pro bisa ditampilkan dengan sangat halus.

Sebagai catatan meski refresh rate 144Hz bukan berarti Mi 10T Pro bakal terus-terusan mengaktifkan refresh rate setinggi itu. Sebab ada teknologi Adaptive Sync, yang membuat ponsel bisa menyesuaikan kebutuhan refresh rate sesuai dengan aplikasi yang sedang dipakai. Sehingga dengan teknologi ini juga dapat menghemat masa pakai baterai.

Xiaomi Mi 10T ProReview Xiaomi Mi 10T Pro. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Layar Mi 10T Pro memiliki warna Color gamut NTSC 96%, DCI-P3 98% dengan Delta E: kurang lebih di 0.63. Semakin kecil semakin kecil dci-nya berarti semakin bagus warna layarnya. Menonton video ataupun bermain game pun juga memberikan visual yang enak dipandang dan memanjakan mata.

Dan dalam penggunaan di bawah terik matahari Mi 10T Pro tetap memberikan visibilitas layar yang baik. Saat browsing internet dan media sosial layar sentuh pada Mi 10T Pro begitu smooth, untuk pengalaman scroll dan transisi yang halus, serta bermain game lebih responsif.

Ohya untuk mengoperasikan layar ini rasanya agak kesulitan bagi yang memiliki tangan mungil sebab dengan layar yang lebar dan panjang rasanya tak cukup hanya menggunakan satu genggaman dengan ibu jari saja jadi mesti dua tangan.

Selanjutnya Kamera...



Simak Video "Sutasoma Hotel, Pilihan Menginap Mewah di Kawasan Darmawangsa!"
[Gambas:Video 20detik]